Sastra Jawa Kuno Unud Hanya Dilirik 4 Peminat

Jurusan Sastra Jawa Kuno ternyata tidak diminati para lulusan SMA. Terbukti pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Udayana, Bali, tercatat hanya empat orang yang memilih jurusan langka tersebut.
Berdasar data yang dihimpun Unud, Sastra Jawa Kuno memiliki peminat paling sedikit dibandingkan dengan semua jurusan di kampus terbesar di Pulau Dewata tersebut. Bahkan dari tahun ke tahun, tidak menunjukkan adanya peningkatan peminat.

Berbagai upaya telah dilakukan pihak kampus untuk menarik peminat prodi ini, salah satunya lewat beasiswa yang akan menanggung seluruh biaya pendidikan mahasiswa hingga tamat atau selama delapan semester. Namun tetap tidak mampu mendongkrak peminat Ilmu Sastra Jawa.

"Memang tidak banyak calon mahasiswa tertarik menekuni disiplin ilmu ini, maka kami akan memprioritaskan jurusan ini saat penerimaan calon mahasiswa baru lewat jalur PMDK,” kata Pembantu Rektor I Unud, Prof. Dr. Komang Gde Bendesa, kepada wartawan di Denpasar, Senin (4/7/2011).
Pihaknya akan mencoba menawarkan kembali jurusan tersebut saat penerimaan mahasiswa baru lewat PMDK. Diakuinya selama ini, calon mahasiswa lebih berorientasi kepada jurusan yang memiliki lapangan pekerjaan yang umum.
Padahal sebenarnya, sambung Bendesa, jurusan-jurusan yang sepi peminat ternyata banyak dibutuhkan. Mereka kurang menyadari bahwa sebenarnya jurusan-jurusan langka seperti Sastra Jawa itu banyak dibutuhkan di museum, kantor pemerintah, ataupun perpustakaan.

Bendesa menambahkan, bidang ilmu seperti Sastra Bali dan Sastra Jawa Kuno harus bisa terisi, sebab selama ini orang-orang yang menguasai ilmu ini akan menjaga kearifan ilmu pengetahuan seperti lontar yang berbahasa Sastra Jawa.
"Siapa lagi yang akan membaca lontar-lontar kalau tidak ada orang yang menguasai disiplin ilmu ini?” katanya menegaskan.
Pihaknya berharap jurusan-jurusan yang sepi peminat, seperti Sastra Jawa Kuno dan Peternakan yang masih menyisakan kursi kosong sekira 85, akan diisi lawat PMDK yang akan akan digelar di 17 Juli mendatang.

sumber : okezone.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sastra Jawa Kuno Unud Hanya Dilirik 4 Peminat"

Post a Comment