Unand Juara I Debat Konstitusi se-Indonesia Regional VI



Tim debat dari Fakultas Hukum Universitas Andalas  (UNAND) Padang keluar sebagai Juara I Kompetisi Debat Konstitusi Antar Perguruan Tinggi tingkat regional VI.
Sebagai Juara I, Unand memborong hadiah uang sebesar Rp 12 juta, satu unit laptop dan juga satu buah piala MK.
Acara ini telah berlangsung mulai dari hari Minggu hingga hari ini (22/5), di Gedung Peradilan Semua Fakultas Hukum USU.

Setelah melewati beberapa babak penyisihan, akhirnya di babak final,  tim debat asal Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat berhasil mengalahkan tim debat dari  USU.
Tahun lalu, dalan kompetisi Debat Konstitusi tingkat Nasional, keduanya juga berhadapan di babak final, dan kali ini di tingkat regional, kembali berjumpa.
Hal ini mendapatkan apresiasi dari Dekan Fakultas Hukum USU, Runtung Sitepu. Menurutnya, pertandingan debat konstitusi hari ini menuai sejarah, dimana pertandingan sengit antara USU dan Unand kembali terjadi.
“Ya ini tentunya sejarah, tahun lalu mereka berjumpa di tingkat nasional, saat ini jumpa lagi di regional,” katanya.
Setelah melewati perdebatan yang sengit terkait permasalahan “Kewenangan MA dalam menyikapi masalah sengketa pemilukada”, akhirnya tim debat konstitusi Unand keluar sebagai juara I.
Menurut hasil penilaian juri, secara substansi dan gagasan, USU dan Unand sama kuat, yang menjadi pembeda untuk keduanya dilihat dari performance dan juga kekompakkan tim.
Walaupun Unand menjadi juara I, akan tetapi USU, dan juga tim yang masuk babak semi final seperti tim asal Universitas Sriwijaya dan IAIN Ar-Rainry Aceh,  tetap akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti seleksi  Debat Konstitusi tingkat nasional Juni mendatang.
Menurut Sekretaris Jendral MK, Janedjri M Gaffar, MK menyelenggarakan kegiatan ini secara berkelanjutan, walaupun anggaran kelembagaan dipotong 20 persen.
“Biarpun anggaran dipotong, tetapi debat konstitusi antar perguruan tinggi  tetap kita pertahankan. Melalui kegiatan ini, semoga dapat dijadikan sebagai ajang pelatihan. Jadi tidak hanya untuk memahami substansi konstitusi, mahasiswa juga mampu menggunakan kerangka analisis dan argumentasi dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara saat ini,” katanya.
Mahkamah Konstitusi kembali menggelar  acara Kompetisi Debat Konstitusi Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia. MK dalam acara ini bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) terkait kompetisi debat tingkat regional VI yang diikuti oleh 16 universitas di wilayah Sumatera.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unand Juara I Debat Konstitusi se-Indonesia Regional VI"

Post a Comment