USM Unsri 2012 Dipercepat




Universitas Sriwijaya (Unsri) mempercepat pembukaan pendaftaran Ujian Saringan Mandiri (USM) untuk tahun pelajaran 2012-2013.


Perubahan dilakukan guna mengantisipasi pelaksanaan ujian peserta yang berbarengan dengan datangnya bulan suci Ramadan. Hal tersebut diungkapkan Ketua USM Unsri Zulkifli Dahlan, didampingi Pembantu Rektor I Unsri Anis Saggaf di kantor PPJK Unsri Bukit Besar Palembang, kemarin. Jika semula pendaftaran USM akan dibuka 2-20 Juli, dipercepat menjadi 25 Juni-14 Juli 2012. Peserta dapat mendaftar secara online di alamat website www.usm.unsri.ac.id.




"Biasanya pendaftaran USM setelah pengumuman SNMPTN, tapi karenan berbarengan dengan bulan Ramadhan jadi kami buka lebih awal," ujar Zulkifli. 



Menurut dia, informasi perubahan jadwal pendaftaran ini perlu disebarkan kepada masyarakat, agar mereka yang bersiap mendaftar bisa mendaftar lebih awal. Sama seperti tahun sebelumnya, kuota penerimaan mahasiswa USM Unsri adalah 2.058 kursi. Adapun biaya pendaftaran Rp300 ribu untuk program IPA/IPS dan Rp400 ribu untuk IPC.



Sementara majunya jadwal pendaftaran, kata Wakil Ketua Panitia USM Zainuddin, otomatis mempercepat waktu peserta menjalani ujian. "Kalau jadwal awal itu tesnya pas puasa tanggal 24 Juli, nah dengan jadwal baru ini berubah peserta sudah ujian tanggal 17 Juli," jelasnya. 



Sama seperti SNMPTN, peserta ini akan menjalani tes tertulis selama satu hari pada tanggal 17 Juli. Tes itu meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi Dasar. Walaupun maju lebih cepat sekira satu minggu, pihaknya optimistis tidak mempengaruhi para peserta. Sebab, setelah pengumuman SNMPTN 7 Juli mendatang, siswa masih memiliki jeda waktu satu minggu lagi untuk mendaftar. "Ada tambahan dua prodi baru tahun ini, yaitu Fakultas SKM D-3 yang ingin melanjutkan S-1 dan D-3 Keperawatan yang ingin melanjutkan ke S-1,"katanya.



Belajar dari pengalaman sebelumnya, jumlah peminat USM ini, kata Zainudin, biasanya mencapai 6.000-7.000 peserta. Mereka itu akan menjalani tes pada hari H di kampus Bukit Besar Palembang. 

sumber : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "USM Unsri 2012 Dipercepat"

Post a Comment