Unud Duduki 300 Top Asian Universities

Universitas Udayana (Unud) bersama delapan perguruan tinggi lainnya di Indonesia berhasil masuk dalam kelompok 300 Top Asian Universities.

Rektor Universitas Udayana Denpasar Made Bakta mengungkapkan, meski menempati ranking 291 namun prestasi itu patut disyukuri. Apalagi,  hanya sebagian kecil perguruan tinggi di tanah air yang masuk dalam kategori tersebut.

"Kami patut bersyukur sebab penilaian itu menunjukkan Unud semakin diakui di tingkat internasional," kata Bakta di sela perayaan Dies Natalis Ke-50 di Kampus Universitas Udayana, Bukit, Jimbaran, Kuta Selatan Kabupaten Badung, akhir pekan lalu. 


Dijelaskan pretasi yang disabet Unud berdasar penilaian QS Star yang berkedudukan di Singapura. Sejumlah kriteria yang dinilai meliputi menyangkut sarana, kualitas akademis, jaringan internasional dan peran kampus dalam pengabdian masyarakat. Semua penilaian yang dilakukan secara ketat itu, dapat terpenuhi oleh Unud. Demikian pula jumlah mahasiswa asing di Unud yang cukup banyak, turut membantu meningkatkan peringkat tersebut. 

Dengan penilaian dunia itu, pihak Unud bertekad akan terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas kualitas kampus Unud di masa mendatang. Diharapkan, ke depan Unud dapat lebih meningkatan lagi peringkatnya sehingga makin mendapat pengakuan dunia.


Selain tembus 300 Top Asian Universities, dalam penilaian bulan Juli 2012 versi Webometric, Unud juga masuk dalam kelompok 1667 dunia. Masih dalam pemeringkatan oleh lembaga tersebut Unud masuk dalam rangking 421 Asia dan rangking 24 di Indonesia. 

Raihan peringkat yang dicapai Unud cukup signifikan terlebih pada tiga tahun sebelumnya atau tahun 2009 lalu, Unud hanya puas menduduki rangking 3.950 dunia.  Demikian pula dari penilaian International College and University, Unud masuk dalam rangking ke-29 sebagai universitas terkemuka dari ribuan universitas di tanah air.

"Pencapaian ini sebagai tahap dalam proses internasionalisasi Unud. Kami harus lakukan kerja keras lagi untuk bisa mencapai world class university atau universitas berkelas dunia," tutupnya.

sumber : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unud Duduki 300 Top Asian Universities"

Post a Comment