Unsri Riset Energi Biodiesel


Universitas Sriwijaya (Unsri) terus melakukan upaya pengembangan ilmu pengetahuan di bidang sains. Salah satunya, Unsri memanfaatkan bahan baku dari alam untuk diolah dalam riset pengelolaan energi dan biodiesel.


Pembantu Rektor (PR) I Universitas Sriwijaya (Unsri) Anis Saggaf mengungkap, pengembangan ilmu di bidang sains terus dikembangkan pihaknya. Riset kali ini pun dinilai lebih difokuskan pada pemanfaatan alam. Riset bertujuan memanfaatkan bahan baku dari alam agar bisa diolah menjadi lebih bermanfaat.




"Riset difokuskan pada pengembangan potensi alam untuk menghasilkan biodiesel. Sedangkan, riset yang dijalankan yaitu pengolahan bahan baku alam, seperti buah jarak dan buah ketapang, untuk menghasilkan biodiesel. Penelitian ini pun sedang digarap lebih serius agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa digunakan masyarakat," kata Anis, kemarin.



Anis berkata, riset bertujuan untuk kepentingan masyarakat, mengingat bahan bakar minyak (BBM) khususnya bensin sangat dibutuhkan masyarakat. Terlebih, keputusan naiknya harga bensin masih terus menjadi momok tersendiri bagi masyarakat. "Seandainya penelitian sukses dan berhasil, bisa dimanfaatkan untuk pengganti bensin atau solar," ujar dia. 



Menurut Anis, pihaknya cukup serius menjalankan riset tersebut.  Tidak tanggung-tanggung, perusahaan besar di Sumatera Selatan (Sumsel) digandeng agar realisasi berjalan lancar. Pengembangan penelitian juga seiring sejalan dengan ditunjuknya Sumsel sebagai lumbung energi. Karena itu, Menteri ESDM dan Pemprov Sumsel turut memberikan dukungan dan bantuan. 



"Kami juga menggandeng perusahaan-perusahaan, seperti PT Pertamina dan PT Bukit Asam, untuk membantu kami.  Misalnya, membantu peralatan yang kami butuhkan untuk kelancaran penelitian pengolahan energi ini," kata dia. 



Penelitian lain yang sekarang akan diupayakan, salah satu pengolahan energi pemanfaatan panas bumi atau sinar matahari untuk menghasilkan energi yang terbarukan. Namun, penelitian masih dalam format ide awal yang belum direalisasikan. 



"Itu masih dalam proses penelitian dan belum berjalan sama sekali. Jika pemanasan bumi bisa digunakan untuk menghasilkan energi terbarukan, kita bisa meminimalisasi tingginya tingkat panas di Sumsel, khususnya di Palembang," pungkasnya.



Terpisah, salah satu mahasiswa Unsri, Tina, berujar, riset masih dalam tahap pengujian dan belum menujukan hasil. Namun, secara konsep merupakan perpindahan energi dari perut bumi menjadi energi yang dihasilkan dari permukaan bumi. "Masih dalam tahapan dan tengah dalam pengujian," kata dia .

Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsri Riset Energi Biodiesel"

Post a Comment