ITB & Unmul Jawara Kompetisi Pertambangan di Asia Tenggara


Dua universitas, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Mulawarman (Unmul) meraih medali emas dalam Kompetisi Pertambangan Bergengsi Tingkat Asia Tenggara, di ajang Indonesian Students Mining Competition (ISMC) IX dan South East Asian Students Mining Competition (SEASMC) I.

Perolehan medali emas, terdiri dari tim Red Alligator dari HMT ITB lima medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu. Universitas Mulawarman memperoleh empat medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu. Sedangkan tim dari Universitas Sriwijaya (Unsri) menduduki juara ketiga. Demikian seperti dikutip dari laman ITB, Selasa (11/2/2014).

Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMT) ITB tersebut dihelat selama enam hari penuh mulai dari 4-9 Februari 2014 lalu. Acara ini juga berhasil dilaksanakan dengan sukses dan mengundang banyak perhatian, baik dari peserta maupun masyarakat.

"Acara dua tahunan HMT ITB ini menjadi batu loncatan bagi mahasiswa tambang untuk mengenal kepada masyarakat dan ajang berkompetisi untuk menerapkan ilmu yang didapatkan," ujar Ketua Pelaksana ISMC-SEASMC Alfonsus Liguori Wahyu Wardhana.

Ide awal acara ini terinspirasi dari keikutsertaan tim HMT ITB dalam acara AusIMM Students Mining Competiton yang dilaksanakan oleh University of Queensland (UQ) pada 1996 di Brisbane, Australia. Oleh karena itulah, HMT ITB terinspirasi untuk menyelenggarakan acara serupa berskala nasional.

ISMC kesembilan yang mengusung tema "Mining for Development" mencoba melakukan inisiasi baru dengan mengadakan kompetisi berskala Asia Tenggara dengan sebutan SEASMC. ISMC pertama kali diadakan pada 1998 yang kemudian menjadi agenda tetap HMT ITB yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

"Inisiasi ini dilakukan agar ISMC dapat lebih dikembangkan dan mengundang perhatian di tingkat regional. Selain dari Indonesia, ISMC kali ini diikuti oleh tim dari universitas Korea sebanyak dua tim," ucap Mahasiswa Teknik Pertambangan Angkatan 2010 itu.

ISMC SEASMC kali ini terdiri dari tiga rangkaian acara utama, yakni Mining Expo 2014, paper contest, dan perlombaan unik yang merupakan proses pertambangan untuk tingkat mahasiswa. Mining Expo 2014 dihelat pada 7-8 Februari lalu dengan menghadirkan beberapa perusahaan dan instansi pemerintah yang bergerak di bidang tambang.

Untuk perlombaan proses pertambangan diadakan selama enam hari penuh yang terdiri dari Rock and Mineral Identification, Tie In, Bench Blasting, Blasting Vibration Analysis, Crushing and Grinding, Underground Mine Stability, dan masih banyak lagi. Perlombaan tersebut diikuti oleh 14 tim dari Indonesia dan dua tim dari Korea.

"Perlombaan ini kami jadikan ajang untuk belajar dan saling bersosialisasi dengan mahasiswa tambang lainnya, ISMC-SEASMC telah berhasil memberikan pengalaman yang menarik untuk kami," ungkap Ketua Tim dari UNSRI Wendy Saputra.

sumber : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ITB & Unmul Jawara Kompetisi Pertambangan di Asia Tenggara"

Post a Comment