Website/Domain Undip Ranking 7 Indonesia di Webometrics Januari 2014

webometricsBaru saja dilansir pemeringkatan sekitar lebih dari 22.000 website universitas di dunia yang dikeluarkan oleh Webometrics versi Januari 2014 (http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia). Dalam situs tersebut, peringkat website atau domain Undip (http://undip.ac.id) meraih ranking 7 tingkat nasional Indonesia atau ranking pertama di Jawa Tengah atau ranking 29 di Asia Tenggara atau ranking 285 di benua Asia atau ranking 1088 di dunia. Ranking Undip ini mengalami peningkatan cukup signifikan dari periode sebelumnya (Juli 2013). Secara nasional, ranking Undip naik dari peringkat 10 menjadi peringkat 7, sementara itu untuk tingkat dunia mengalami kenaikan dari 1455 menjadi 1088. Bahkan website/domain Undip mengalami peningkatan ranking cukup tajam di tingkat Asia Tenggara maupun benua Asia. 
 Adapun sejarah perkembangan ranking domain/website Undip dapat dilihat di Tabel berikut (tahun 2008 – 2014):
 tabel histori webometric undip
Dalam pemeringkatan ini UGM meraih predikat website terbaik di Indonesia diikuti oleh ITB dan UI. Perguruan tinggi swasta dengan website terbaik ditempati oleh Universitas Gunadarma namun hanya menempati ranking 10 nasional. 
Jika dilihat benchmarking website/domain dibandingkan dengan Top 10 Universitas Terbaik Nasional (lihat Tabel dan Gambar Perbandingan Berdasarkan Parameter Penilaian Webometrics) maka dapat diperkirakan apa-apa yang harus dilakukan oleh Undip dalam masa-masa yang akan datang ini untuk lebih meningkatkan rankingnya di Webometrics:
Tabel perbandingan nasional

perbandingan parameter 
 Pemeringkatan Webometrics ini bertujuan untuk menakar aksesibilitas dan komitmen website perguruan tinggi secara online dan realtime, dan untuk mengukur komitmen perguruan tinggi untuk sharing secara terbuka atau mempublikasikan karya-karya ilmiahnya di dunia maya. Yang lebih penting lagi dari sistem pemeringkatan ini adalah impact atau citation dari portal website atau domain tersebut untuk mengukur seberapa besar manfaatnya di mata masyarakat. Ada satu hal yang mengalami peningkatan rankingnya untuk Undip ini, yaitu parameter impact atau citation atau backlink. Hal ini menunjukkan bahwa karya-karya dan informasi yang dipublikasikan melalui website/domain Undip sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga mereka akan mensitasi ke website/domain Undip.
Keunggulan website/domain Undip ada pada parameter Opennes dapat diartikan bahwa Undip sangat komitmen untuk mempublikasikan karya-karya ilmiahnya secara terbuka (open access fulltext) sehingga bisa berguna bagi masyarakat luas, baik melalui Portal E-Journal(http://ejournal.undip.ac.id dan http://ejournal-s1.undip.ac.id ) maupun Portal Repository(http://eprints.undip.ac.id), ataupun melalui Blog Dosen dan Mahasiswa. Dari segiImpact Undip sangat bagus, berarti apa-apa yang disediakan secara daring di domain-domain Undip sangat diminati oleh masyarakat, sehinggfa masyarakat membuat backlink ke website/domain Undip.
Kriteria yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%),Openness (15%), dan Excellence (15%). Untuk parameter Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi dan jumlah sitasi perguruan tinggi yang bersangkutan di jurnal-jurnal internasional yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2004-2012) dan di Google Scholar (tahun 2008-2012). Publikasi di Scimago termasuk di dalamnya adalah publikasi-publikasi ilmiah yang terindeks di Scopus. Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasukrich filesImpact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) terindeks di mesin pencari yang tertangkap di Majestic SEO dan Ahref. Opennes merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).
Akhirnya, dengan prestasi website/domain Undip di Webometrics Januari 2014 ini, ucapan terima kasih disampaikan kepada segenap Pimpinan Undip yang telah memberikan dukungannya kepada seluruh Tim IT Undip. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh tim webmaster, pengelola repositori, pengelola e-journal, pengelola sistem informasi akademik, dan semua komponen pengelola IT se-Undip atas dedikasinya membesarkan domain Undip. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua vendor-vendor yang men-support IT Undip atas dukungannya (ist-2014).


sumber : undip.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Website/Domain Undip Ranking 7 Indonesia di Webometrics Januari 2014"

Post a Comment