Tim Cyber Rimau FT UNSRI Juara Kontes Robot Nasional



Bendera Universitas Sriwijaya kembali berkibar pada Kontes Robot Nasional tahun 2014 seiring prestasi yang ditorehkan oleh tim Cyber Rimau dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tanggal 24 – 27 Juni 2014 yang lalu. Mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro (Abdi Prsetyo, dan Prawzach Gari Papang) meraih prestasi juara Ketiga pada Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) divisi berkaki. Sedangkan Juara Pertama direbut oleh tim Yudhistira 2 dari Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), Juara Kedua dimenangkan oleh tim Eilero Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).
Prestasi sebelumnya yang diraih oleh tim Cyber Rimau ini yaitu pada Kontes Robot Nasional Regional 1 Sumatera yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Padang pada tanggal 18-22 Juni 2014 dimana pada kontes tersebut tim Cyber Rimau berhasil menjadi Juara Pertama untuk Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) divisi berkaki. Juara kedua dan ketiga masing-masing direbut oleh tim Krakatau 4.2 (STMIK Teknokrat, Bandar Lampung) serta tim Al Ahsan 2 (Politeknik Caltex, Riau).
Kontes robot ini merupakan ajang kreativitas mahasiswa dalam merancang, memprogram robot dengan mengikuti kategori yang telah ditentukan. Adapun kategori lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdiri atas Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi beroda dan berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Karena peserta Kontes Robot banyak sehingga harus dilakukan kontes melalui 5 regional terlebih dahulu. Pemenang pada kontes di regional akan bertanding di Kontes Robot Nasional.
Kontes Robot Indonesia tingkat nasional yang berlangsung dua hari tersebut dibuka oleh Direktur Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Ditjen Dikti Kemendikbud, Agus Subekti, M.Sc., Ph.D. di GOR UNY pada Kamis, 26 Juni 2014. Agus Subekti, M.Sc., Ph.D. mengucapkan selamat pada peserta KRI Nasional yang telah lolos dari tingkat regional karena merekalah yang terbaik hingga bisa tampil di ajang KRI nasional. “KRI merupakan ajang yang memerlukan kreativitas tinggi dan dinamis,” kata Agus Subekti, M.Sc., Ph.D. “Kompetisinya unik karena butuh nalar yang tinggi.” Direktur Ditlibtabmas Dikti tersebut mengatakan akan mengirim pemenang kontes robot humanoid ke Brazil dan pemenang kontes robot Robocon ke India pada tahun ini, untuk berlaga pada event internasional.
Prestasi yang telah diraih oleh dua mahasiswa jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya ini menjadikan suatu kebanggaan karena telah mengangkat nama Universitas Sriwijaya di Kontes Robot Nasional dan merupakan peningkatan atas hasil yang diraih tahun sebelumnya, dimana tim robot Unsri hanya mampu meraih Juara kedua pada Kontes Robot Indonesia Regional 1 Sumatera tahun 2013 yang lalu namun masih gagal di tingkat Nasional. Hasil ini sangat diharapkan untuk menjadi tradisi dan dapat ditingkatkan kembali prestasi yang telah diraih oleh tim robot Universitas Sriwijaya.
Sumber : unsri.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tim Cyber Rimau FT UNSRI Juara Kontes Robot Nasional"

Post a Comment