Universitas Sriwijaya Menyelenggarakan ASEAN University Games XVII



ASEAN University Games (AUG) ke-17 dilaksanakan oleh Universitas Sriwijaya (Unsri) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, KONI, dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga, dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Yusuf Kalla di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, 10 Desember 2014.
Kejuaraan yang berlangsung dari tanggal 7 hingga 21 Desember 2014 ini diikuti oleh 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Vietnam, Timor Leste, Thailand, Brunai Darussalam, Cambodia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philipina, dan Singapura. Dua puluh cabang olah raga yang dipertandingkan antara lain Aquatics, Atletik, Panahan, Bulutangkis, Bola Basket, Volly Pantai, Roler Blade, Sepak Bola, Futsal, Judo, Karate, Pencak Silat, Petanque, Sepak Takraw, Tenis Meja, Taekwondo, Tenis, Volly Ball, Wushu, dan Catur untuk memperebutkan 1.710 medali.
Wakil Presiden Republik Indonesia didampingi Menteri Pemuda dan Olah Raga Nachrawi dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan, M. Natsir meresmikan pesta olah raga mahasiswa ini dengan meletakkan obor yang diserahkan oleh atlit Indonesia asal Universitas Sriwijaya, Deni Aprisani (pencak silat) dan Yanti secara estafet. Acara ini juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin, Presiden ASEAN University Sport Council Prof. Dr. Anwar bin Hasan, para Rektor se-Indonesia, dan para delegasi ASEAN University.


Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Yusuf Kalla berharap berkumpulnya mahasiswa dari seluruh ASEAN ini bisa dapat saling mengenal, bersahabat, dan bertanding. Menurutnya hal itu akan memberikan harapan bagi masa depan ASEAN, karena masa depan ditentukan oleh generasi muda saat ini. Persahabatan, kata JK seharusnya dimulai sejak muda, sejak mahasiswa, dan seterusnya hingga menjadi pemimpin baik di negeri ini maupun di negerinya masing-masing. JK mengingatkan bahwa AUG bertujuan untuk meningkatkan persahabatan dan meningkatkan prestasi.
"Tahun depan ASEAN akan bersatu dalam Asean Community, maknanya adalah ASEAN akan memperlonggar batas-batasnya, sehingga kita semua di masyarakat ASEAN ini akan lebih dekat dan lebih bersahabat,” kata JK.
Semarak kembang api warna-warni menghiasi langit Stadion Gelora Sriwijaya yang dinyalakan setelah atraksi Drum Band Abdi Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), tari kolosal yang diiringi group band Gigi dan lantunan tembang dari Run, Ira Swara dan Dewi Gita.


sumber : unsri.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Universitas Sriwijaya Menyelenggarakan ASEAN University Games XVII"

Post a Comment