UI tambah satu program studi Sarjana Statistika


Universitas Indonesia membuka program studi yang lebih spesifik, fokus dan terarah dalam menciptakan tenaga ahli di bidang statistika dengan menambah satu program studi Sarjana Statistika yang berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

"Daya tampung dari program studi S1 Statistika adalah 60 mahasiswa," kata Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Rifelly Dewi Astuti di Depok, Selasa.

Menurut dia para lulusan SMA/sederajat tahun penerimaan mahasiswa baru 2015/2016 telah dapat memilih program studi S1 Statistika melalui ujian SIMAK UI 2015 atau ujian tulis SBMPTN 2015. 


Pada jalur masuk melalui ujian SIMAK UI (kuota 15 mahasiswa), pendaftaran telah dibuka pada 27 April - 29 Mei 2015 melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id dan ujian SIMAK UI dilaksanakan pada 14 Juni 2015. 

Sedangkan Ujian Tulis SBMPTN (kuota 45 mahasiswa) pendaftarannya dapat dilakukan pada 11 - 29 Mei 2015 serta pelaksanaan Ujian Tulis SBMPTN pada 9 Juni 2015.

Kesempatan karir bagi lulusan S1 Statistika sangat luas, tidak hanya terbatas sebagai pendidik melainkan juga mencakup sejumlah profesi lainnya yang sangat dibutuhkan di berbagai jenis industri seperti aktuaris dan manajemen resiko, data analyst, konsultan statistika, perbankan dan asuransi, penelitian dan pengembangan, BUMN serta Riset Pemasaran.

Program studi S1 Statistika FMIPA UI didukung dengan tenaga pengajar yang ahli, dilengkapi akses ke jurnal online terkemuka di dunia serta didukung dengan PC berteknologi tinggi dan workstation komputasi yang terhubung dengan jaringan internet gigabyte. 

Program Studi S1 Statistika juga telah menjalin kerja sama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dalam penyetaraan ujian profesi Aktuaris dengan mata kuliah yang terdapat di Program Studi S1 Statistika FMIPA UI. 

Para mahasiswa program studi S1 Statistika juga berkesempatan memperoleh beasiswa ikatan dinas dari AIA serta peluang beasiswa lainnya. Sistem pengajaran serta kurikulum yang diberikan secara langsung turut mempersiapkan mahasiswa S1 Statistika FMIPA UI untuk mampu menghadapi ujian sertifikasi profesi baik secara nasional maupun internasional.

Dengan misi menjadi program studi yang bereputasi nasional dan bertaraf internasional dalam segala aspek kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, diharapkan para lulusan statistika FMIPA UI dapat menjadi praktisi yang mampu memahami konsep statistika dan akturia yang didukung dengan daya analisis yang kritis dan logis.

Selain itu juga mampu menyelesaikan permasalahan bisnis secara aktual, serta mampu bekerjasama, berkomunikasi dan bertanggung jawab sesuai bidang ilmunya baik di lingkup nasional maupun internasional.


sumber : antaranews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UI tambah satu program studi Sarjana Statistika"

Post a Comment