Biaya Hidup di Lingkungan Kampus Unhas Makassar

Setiap tahun Universitas Hasanuddin kedatangan mahasiswa dari berbagai penjuru tanah air, terutama kawasan Indonesia Timur. Karena itu setiap calon mahasiswa seyogyanya mendapatkan gambaran tentang kehidupan mahasiswa di Makassar, terutama berkaitan dengan perencanaan biaya hidup selama mereka menempuh pendidikan di Makassar.

Makan, di sekitar kampus dan pemondokan mahasiswa banyak dijumpai warung nasi dan kantin mahasiswa. Untuk sekali makan diperlukan sedikitnya Rp.6.500,-. Bagi mereka yang menginginkan jasa catering (rantangan) perlu menyiapkan dana sekitar Rp.600.000,- sampai dengan Rp.800.000,- per bulan.

Angkutan, tersedia sarana angkutan kampus ke hampir seluruh penjuru kota, bagi mahasiswa yang memilih tinggal di kota Makassar, dengan tariff Rp.5.000,- sekali naik.

Diktat dan fotokopi, merupakan hal yang harus diperhitungkan oleh mahasiswa. Besarnya biaya untuk itu, sekitar Rp.75.000,- sampai dengan Rp.150.000,- per semester.

Akses Internet, di era teknologi informasi sekarang ini telah menjadi kebutuhan mahasiswa. Untuk mengakses internet mahasiswa di Unhas dapat menjadi anggota di UPT Komputer. Namun, jika mereka ingin mengakses di luar kampus banyak tersedia warung internet (warnet) dengan tarif sekitar Rp.5.000,- sampai dengan Rp.8.000,- per jam.

Transportasi ke UNHAS

Untuk memudahkan tranportasi mahasiswa dari dan ke kampus Unhas, tersedia angkutan kota dengan trayek khusus seperti berikut:

kodeJalur Trayek
1,2,3Kampus-Kota Makassar Selatan, Jl. Veteran dan Andi Tonro
4,5,6Kampus-Kota Makassar Timur, Jl. A.P. Pettarani sampai dengan pertigaan Jl. Sultan Alauddin
8,9Angkutan dari Pintu 1 ke dalam kampus lalu ke Pintu 2 ke Kampus Tamalanrea, pilihan transportasi mahasiswa di sekitar Tamalnrea

Rusunawa Mahasiswa Unhas

Asrama mahasiswa/mahasiswi berlokasi di dalam kampus. Asrama ini mampu menampung 1.500 mahasiswa. Gedung asrama mahasiswa terpisah dari unit gedung asrama mahasiswa. Lokasi asrama ini adalah di sisi bagian utara Kampus Universitas Hasanuddin.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biaya Hidup di Lingkungan Kampus Unhas Makassar"

Post a Comment