Dirut Pertamina Balik ke Kampus



Direktur Utama (Dirut) Pertamina Dwi Sutjipto kembali ke kampusnya yaitu Universitas Andalas (Unand). Dwi memberikan kuliah umum tentang kemandirian energi kepada mahasiswa.

"Kembali ke bekas tempat kuliah dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa Unand tentang energi merupakan suatu kebanggaan," kata Dwi di Padang, Jumat (20/3/2015).
Dia mengatakan, sesi kuliah umumnya ini tidak hanya dimaksudkan untuk membagikan informasi kepada mahasiswa. Lebih dari itu, Dwi juga memanfaatkan kelas istimewa tersebut sebagai ajang tukar pendapat dengan mahasiswa dan dosen tentang segala hal yang berhubungan dengan dunia perminyakan.
Dalam paparannya, Dwi menjelaskan tentang upaya Pertamina menciptakan kemandirian energi nasional dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Menurutnya, ada empat hal yang menjadi perhatian Pertamina untuk mencapai tujuan kemandirian energi tersebut.
Keempat hal itu yakni anjloknya harga minyak dunia, masih kurangnya kilang minyak, kebutuhan energi masa depan dan penciptaan energi terbarukan. "Dari empat hal tersebut, perguruan tinggi memiliki peranan dalam penciptaan energi baru terbarukan," imbuhnya.
Karena itulah, melalui kerjasama dengan Pertamina, para ilmuwan dari perguruan tinggi dapat melakukan beragam riset untuk mencari energi baru. Misalnya dalam mengembangkan biofuel, bioetanol, biogas serta ikut berperan dalam pengumpulan energi panas bumi.
"Mahasiswa dapat menjadi sumber daya yang mumpuni untuk mengembangkan tujuan penciptaan energi tersebut," ujarnya.
Dwi juga mengajak mahasiswa yang hadir dalam kuliah tersebut agar dapat terus berprestasi dan meningkatkan kemampuannya. "Terutama dalam menghadapi persaingan ketat dalam dunia kerja di era MEA mendatang," katanya.
Sementara itu, Rektor Unand Werry Darta Taifur menyampaikan kebanggaannya dengan hadirnya petinggi utama perusahaan minyak terbesar di Indonesia itu. Menurut Werry, kehadiran Dwi memiliki keistimewaan sebab selain merupakan Dirut Pertamina, Dwi juga tidak malu mengemukakan bahwasanya dirinya merupakan alumni Magister Manajemen Unand pada belasan tahun lalu.
Selain itu, kata Werry, hadirnya alumni di kancah elite nasional ini membuktikan bahwa Unand merupakan kampus yang memiliki potensi untuk menghasilkan tokoh hebat. "Selain Dwi Sutjipto, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil pun merupakan sarjana dan master alumnus Unand," kata Werry.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dirut Pertamina Balik ke Kampus"

Post a Comment