Gubsu Terima Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera)



Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho ST MSi menerima audiensi Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) Prof Dr Ofyar Z Tamin MSc beserta tim dari Itera, Selasa (9/12) di ruang kerjanya Lantai X Kantor Gubsu jalan Diponegoro No.30 Medan.

Turut mendampingi Gubsu Kadis Pendidikan Sumut Masri sedangkan ikut mendampingi Rektor Itera Dekan Fakultas Teknik Itera Muh Sarkowi SSi Msi Dr, dan Hadwi Soendjojo. Dalam kesempatan itu Rektor Itera Prof Dr Ofyar Z Tamin MSc dalam upaya percepatan pembangunan nasional, khususnya dalam bidang sains, teknologi dan seni, memerlukan kesiapan  penyediaan sumberdaya manusia yang unggul. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program pendirian institut teknologi negeri di Sumatera. Institut Teknologi di Sumatera ini berlokasi di Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Pembukaan Itera ini termasuk dalam program Percepatan Perluasan Pengembangan Ekonomi Indonesia untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.
"Jadi setelah Itera sudah lepas dari ITB maka perguruan tinggi kita ini resmi milik Sumatera dan sesuai visi misi kami yang dapat menciptakan tenaga kerja siap pakai di Sumut maka kami ingin bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi yang ada di Sumatera, untuk itulah kami melakukan audiensi," ujarnya.
Sebelumnya, lanjut rektor, dirinya dan tim telah melakukan audiensi ke Gubernur Aceh yang sama halnya dengan di Sumut. "Kami ingin nantinya kerjasama Bappeda 25 tahun kedepan apa-apa industri yang ada di Sumut dan apa yang dibutuhkan sehingga kami bisa menyiapkan Program studinya," ujarnya.
Selain itu, lanjutnya dalam kerjasama dengan beberapa Pemerintah Daerah di Sumatera akan dirancang pola beasiswa “Kemitraan Daerah” bagi calon mahasiswa yang diterima melalui SPM-ITERA 2014. Kemitraan Daerah memberikan peluang bagi Pemerintah Daerah untuk menyiapkan sumberdaya manusia daerahnya melalui beasiswa pendidikan tinggi.
"Jadi kami juga berharap Dinas Pendidikan Sumut membantu mensosialisasikan Itera kepada siswai-siswi SMA sederajat yang terbaik untuk mendapatkan beasiswa itu karena memang ini dikhususkan untuk putra daerah Sumatera," ujarnya.
Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho menyambut baik apa yang disampaikan Rektor Itera. Menurut Gubsu karena Itera adalah Perguruan tinggi milik Sumatera maka alangkah baiknya disampaikan ke Forum Gubernur Se-sumatera. "Insa Alah akan kami tindaklanjuti dan mensosialisasikan kepada anak SMA," janjinya.
Gubsu juga menyampaikan Sumatera punya forum gubernur, tentu akan lebih baik lagi bisa ditindaklanjuti melalui forum gubernur tersebut. "Dalam forum itu bisa kita melakukan kerjasama dan menyampaikan bahwa di Sumatera ada perguruan tingginya minimal sama dengan di jawa," ujarnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gubsu Terima Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera)"

Post a Comment