Ilmu Hubungan Internasional Jadi Jurusan Populer di UNILA




Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung (FISIP Unila) ke depan akan terus melakukan sosialisasi untuk jurusan barunya, yakni Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Hal tersebut dikatakan oleh Dekan FISIP Unila Drs. Agus Hadiawan, saat ditemui di ruangannya, Rabu (19/2) siang. Menurutnya, jurusan baru ini sangat prospektif.
“Dari tahun pertama saja peminatnya sudah sangat banyak, bisa dilihat dari yang mendaftar dan kursi yang disediakan. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional saya rasa bisa bersaing dengan jurusan lain yang sudah ada di FISIP,” lanjut Agus.
Pernyataan optimisme itu memang dilihat dari data pendaftaran pada tahun pertama jurusan ini dibuka. Menurut Agus, peminat Jurusan Ilmu Hubungan Internasional berada diperingkat kedua setelah Jurusan Ilmu Komunikasi. Hal ini tentu menjadi acuan bahwa jurusan baru ini bisa berkembang pesat nantinya, sesuai dengan kebutuhan zaman.
Menurut Agus, tingginya minat calon mahasiswa jurusan baru ini juga karena melihat prospek pekerjaan di masa depan. “Lulusan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional tentu punya kompetensi terkait ilmu hubungan antarnegara. Nah, ilmu itulah yang dibutuhkan banyak perusahaan-perusahaan asing, baik di luar maupun di Indonesia,” tukas Agus lagi.
Selain kebutuhan tenaga kerja di perusahaan asing, kebutuhan tenaga ahli di non-government organization (NGO) dan kedutaan-kedutaan besar tentu sangat banyak. “Nantinya lulusan Jurusan Ilmu  Hubungan Internasional dari FISIP Unila bisa bersaing dengan lulusan dari universitas lain di seluruh Indonesia. Target kita (FISIP Unila) adalah dunia!” ungkap Agus mantap.
“Ya, siapa tahu nanti ada diplomat Indonesia lulusan strata 1 Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unila. Karena, bukan tidak mungkin, hubungan antarnegara di dunia ini sudah sangat erat dan tidak ada batas lagi. Apalagi hubungan tersebut menyentuh hampir semua sektor kehidupan,” tambah Agus, berharap.
Apalagi, sekali pun masih menjadi jurusan baru, mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unila ini sudah mengikuti forum-forum mahasiswa jurusan sejenis di tingkat nasional. “Mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional kita sudah ikut dalam forum jurusan hubungan internasional seluruh Indonesia. Bahkan ada satu mahasiswa kita yang mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Rusia, itu bukti kalau kita sudah mendunia,” pungkas Agus.

 Source : unila.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Hubungan Internasional Jadi Jurusan Populer di UNILA"

Post a Comment