Jurusan Favorit pada SNMPTN 2015



Setiap tahun, ratusan ribu peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) memiliki program studi primadona. Bagaimana dengan jurusan favorit pilihan peserta SNMPTN 2015?
Dalam keterangan persnya, Ketua SNMPTN 2015 Prof Rochmat Wahab menjelaskan, setidaknya ada tiga jurusan favorit pada SNMPTN 2015 untuk tiap kelompok keilmuan.
Pada bidang ilmu saintek, tiga jurusan favorit teratas adalah:
- Teknik Informatika;
- Ilmu Kesehatan Masyarakat; dan
- Farmasi.

Sedangkan pada bidang soshum, tiga jurusan yang paling banyak dipilih adalah:
- Manajemen;
- Akuntansi; dan
- Ilmu Komunikasi.
Tren prodi favorit ini tidak jauh berbeda dengan kecenderungan pilihan peserta SNMPTN setiap tahun. Pada 2014, jumlah peminat baik SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) paling tinggi adalah prodi Manajemen. Kemudian, pilihan favorit berikutnya adalah Ilmu Hukum, Pendidikan Kedokteran, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat dan Teknik Sipil. Sementara pada tahun-tahun sebelumnya, peminat paling tinggi selalu ada di prodi Pendidikan Kedokteran.
Dari jumlah peserta, tahun ini ada kenaikan sepuluh persen. Tercatat 852.093 siswa mendaftar SNMPTN. Hanya 137.005 di antaranya diterima di 63 kampus negeri dengan program studi pilihan masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurusan Favorit pada SNMPTN 2015"

Post a Comment