Mendikbud : UPN “Veteran” Resmi Jadi PTN


Status tiga UPN Veteran Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta yang awalnya swasta, telah berubah menjadi negeri atau PTN. Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh, Jumat 6 September 2014.
Pada konfrensi pers di Kantor Kemnedikbud, M. Nuh yang didampingi oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, proses penegrian yang telah dimulai sejak empat tahun lalu telah dirampungkan. Rencananya pengesahan peresmian tersebut akan dilakukan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Penegrian Itu sudah diresmikan, UPN “Veteran” ini jadi PTN. Insya allah tanggal 6 Oktober (akan diresmikan) dan yang mersemikan kemungkinan besar presiden sendiri” tutur M. Nuh.

M.Nuh menjelaskan, UPN “Veteran” yang merupakan universitas Bela Negara telah memenuhi aspek-aspek pertimbangan untuk menjadi PTN yang dicanangkan oleh Kemendikbud. “Dari tiga pertimbangan proses konversi dari PTS ke PTN, UPN “Veteran” telah memenuhi dua pertimbangan, yaitu pertimbangan sejarah dan misi khusus untuk bela negara,” jelasnya.
Pertimbangan kesejarahan, artinya dulu UPN Veteran pernah berstatus negeri, tetapi kemudian menjadi swasta. Sedangkan untuk misi khusus karena UPN “Veteran” menghadirkan sesuatu yang baru yang tidak bisa dipenuhi oleh PTN lain yaitu sebagai perguruan tinggi Bela Negara.
Menhan Purnomo Yusgiantoro yang menjadi Pembina UPN “Veteran” sangat senang dengan peresmian ini. Menurutnya UPN “Veteran” sejak dulu telah berstatus sebagai PTN. Namun karena beberapa hal, status tersebut berubah menjadi PTS. Purnomo menjelaskan meski berstatus PTS, UPN “Veteran” berdiri ditanah yang dimiiki oleh negara. “Karena adanya temuan BPK, untuk memenuhi maka untuk memenuhi temuan-temuan di BPK, kemudian untuk memenuhi mereka itu sebagai perguruan tinggi bela negara, kita sepakat di untuk UPN kita negerikan kembali dan itu alasan mengapanya ini menjadi PTN,” jelasnya.
Menhan juga menegaskan, meski berstatus PTN, UPN harus tetap menjadi perguruan tinggi Bela Negara, seperti trade marknya. ”Nilai-nilai bela negara tidak boleh hilang dengan pengalihan status ini. Di UPN Veteran ada kurikulum mata kuliah Bela Negara bagi mahasiswa. Bahkan, kuliah kerja nyata di daerah-daerah perbatasan. Karena memiliki nilai-nilai bela negara ini, UPN Veteran pantas menjadi PTN. Ini trademark (tanda khas) UPN Veteran,” papar Purnomo. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendikbud : UPN “Veteran” Resmi Jadi PTN"

Post a Comment