Pemerintah Jepang Siap Beri Beasiswa Bagi Mahasiswa Unhas



Kedutaan besar Jepang untuk Indonesia melakukan sosialisasi tentang informasi-informasi kesempatan belajar yang terbuka lebar di Jepang melalui beasiswa Monbukagakusho/MEXT. Sosialisasi ini bertempat di Ruang Senat, lantai dua, Gedung Rektorat Unhas, Selasa (2/12).

Hadir Wakil Rektor IV Unhas, Prof. dr. Budu, Ph.D, perwakilan dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Masaki Tani selaku konsuler Jepang di Makassar, alumni penerima beasiswa, serta dosen dan juga mahasiswa Unhas.
Pemerintah Jepang menargetkan akan ada sekitar 300.000 pelajar dari luar negeri yang memilih Jepang untuk negara tujuan belajar pada tahun 2020. Hingga saat ini, terdapat sekitar 135.519 pelajar internasional yang belajar di Jepang. Dari keseluruhan jumlah tersebut, 91% pelajar berasal dari Asia. Indonesia sendiri menempati posisi ke enam tertinggi yang mengirimkan pelajarnya untuk bersekolah di Jepang. Terdapat sekitar 2.410 pelajar Indonesia di negeri sakura ini.
“Dari keseluruhan jumlah pelajar Indonesia yang belajar di Jepang, 630 diantaranya adalah penerima beasiswa Monbukagakusho/MEXT. Mereka-mereka inilah yang tersebar di berbagai bidang keilmuan di banyak universitas di Jepang. Saat ini, bidang studi yang paling banyak diminati adalah bidang studi pada keilmuan SAINS,” Ungkap  Mr. Tetsuhito Minami sebagai Education Attache-Embbassy of Japan.
Berbagai tawaran kemudahan memang telah diberikan oleh pemerintah Jepang. Seperti, Specialized Training College (D-2), Program College of Technology (D-3), Program Undergraduate (S1), Program Penataran Guru, Program Japanese Studies, Program Research Student (S-2, S-3), Program Research Student (U to U). Terkhusus program study U to U, Rekomendasi dari universitas di Jepang yang menjalin kerjasama dengan universitas tempat belajar calon penerima beasiswa di Indonesia. Bagi mahasiswa Unhas sendiri, program ini ditujukan untuk lebih dari 20 universitas yang telah menjalin kerja sama dengan Unhas.
Pemerintah Jepang, terus berusaha melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas dalam berbagai bidang untuk menarik minat mahasiswa internasional untuk belajar di Jepang. Seperti, pemerintah Jepang lebih giat meningkatkan kuantitas dan kualitas promosi studi ke Jepang, mempermudah pengurusan administrasi, globalisasi universitas, memperbaiki lingkungan, dan jaminan support setelah menyelesaikan studi Jepang.
Berbagai keuntungan bisa diperoleh dengan memilih Jepang sebagai negara tujuan. Diantaranya adalah lingkungan belajar yang sangat mendukung dan memadai, kemampuan interaksi akademik dan budaya pun lebih tinggi, kemungkinan untuk tetap bisa melakukan part time job juga terbuka lebar. Selain itu, beasiswa yang ditawarkan juga telah memberikan fasilitas keseluruhan biaya pendidikan selama di Jepang, tiket pesawat, tunjangan setiap bulan, dan tentunya beasiswa ini bukanlah beasiswa dalam bentuk ikatan dinas.
“Kami harapkan dari presentasi ini, akan lebih banyak lagi orang-orang Indonesia yang tertarik untuk mencari tahu dan memutuskan untuk menjadi kan Jepang sebagai negara tujuan belajar. Untuk informasi lebih lanjut dan yang jelas adalah melalui website kedutaan besar Jepang untuk Indonesia,” tutup Mr. Tetsuhito. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemerintah Jepang Siap Beri Beasiswa Bagi Mahasiswa Unhas"

Post a Comment