UGM Borong Medali di Olimpiade Nasional MIPA 2015


Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) kembali menorehkan prestasi. Melalui Olimpiade Nasional (ON) MIPA 2015 yang digelar di Surabaya pada 24-28 Mei 2015, kontingen UGM berhasil memboyong 11 medali. Sebelas medali tersebut terdiri atas dua emas, tiga perak, enam perunggu. Selain itu, UGM juga mendapatkan tiga penghargaan Honorable Mention.
Ketua kontingen tim ON MIPA UGM, Erwin Eko Wahyudi, mengatakan bahwa dalam kompetisi tersebut UGM mengirimkan 19 orang mahasiswa, yang terdiri dari tujuh orang di bidang matematika, empat orang di bidang fisika, dua orang di bidang kimia, dan enam orang di bidang biologi.
"Kompetisi diikuti sebanyak 256 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Masing- masing bidang diikuti 64 peserta,” ujarnya seperti dikutip dari laman UGM, Minggu (31/5/2015).
Erwin menjelaskan, sebelum melaju ke tingkat nasional, para peserta terlebih dahaulu melewati tahapan seleksi di tingkat universitas dan kopertis. Selanjutnya, di babak final peserta diharuskan mengerjakan soal bertipe esai yang diberikan oleh panitia.
"Di tingkat nasional tingkat kesulitan soalnya lebih tinggi. Kami harus bisa memberikan jawaban dengan analisis yang efektif dan jelas," tuturnya.
Erwin merasa bangga atas raihan prestasi yang diperoleh kontingen UGM dalam kompetisi ON MIPA 2015 ini. Apalagi, dia bersama temannya yang bernama Made Benny Prasetya berhasil mendapatkan medali emas di bidang matematika. Sementara itu, Honorable Mention diraih oleh Rizky Alfino Atmoko dan Riky Kurniawan di bidang matematika, serta Asedio Satya Govinda di bidang fisika.
"Yang jelas senang dan bangga saat tahu bisa dapat medali," ungkap mahasiswa Fakultas MIPA ini.
Cowok yang pernah mendapatkan medali perunggu di ON MIPA 2013 tersebut menambahkan, khusus untuk ON MIPA bidang matematika, dari 25 besar peserta yang lolos akan diseleksi kembali untuk dikirim dalam International Mathematic Competition (IMC) 2015 di Bulgaria.
"Tujuh terbaik akan dikirim ke IMC Bulgaria. Mohon doa dan dukungan agar kami bisa melaju ke tingkat internasional," pungkasnya. 
Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UGM Borong Medali di Olimpiade Nasional MIPA 2015"

Post a Comment