Unand Persiapkan Fakultas Teknik Mendapat Akreditasi Asean



Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat sedang mempersiapkan Fakultas Teknik untuk mendapat Akreditasi tingkat Asean  mulai tahun ini.
         "Setelah meraih akreditasi A di tingkat Nasional, beberapa prodi di Fakultas Teknik dipromosikan untuk mendapat pengakuan dari secara Asean dalam akreditasi AUN-QA," kata Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unand Ade Djulardi, di Padang, Senin.


         Dia mengatakan dalam hal persiapan sejauh ini beberapa prodi di fakultas Teknik mulai melakukan penyusunan borang akreditasi.

         Selain itu juga katanya, melakukan peningkatan dalam berbagai hal antara lain sistem akademik, Penjaminan Mutu, Perkembangan pengajar, Kurikulum, Karya Ilmiah, dan infrastruktur.

         Untuk menopang upaya fakultas tersebut katanya, Unand melalui LP3M telah mengadakan sosialisasi dan pelatihan khusus bagi pejabat yang akan mempersiapkan dokumen borang akreditsi tersebut.

         Selain itu melalui LP3M juga melakukan pendampingan dalam pembuatan dan penyusunan borang akreditasi tersebut, imbuhnya.

         "Dalam perkembangannya Fakultas Teknik beserta prodinya mengalami peningkatan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir," kata Ade.

         Salah satu bukti peningkatan ini sebutnya seperti peningkatan jumlah dosen yang meraih gelar doktoral.

         Selain itu katanya, dalam hal penulisan jurnal ilmiah nasional dan internasional, Teknik menjadi terdepan dari fakultas lain di Unand.

         Secara Kurikulum dan pembelajaran Fakultas ini juga telah menerapkan sistem yang sesuai dengan perkembangan teknologi dunia, ucapnya.

         Dengan banyaknya kriteria ini Fakultas Teknik Unand memiliki peluang untuk meraih akreditasi tingkat Asean, kata Ade yang juga Asesor nasional perguruan tinggi tersebut.

         Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Unand Khairul Abrar mengatakan bahwa Universitas Arizona Amerika Serikat akan memberikan bantuan dalam penyusunan borang akreditasi tersebut.

         Menurutnya dengan pengalaman dan prestasi yang diraih universitas tersebut secara internasional, dapat memudahkan pimpinan fakultas untuk menulis dan mengisikan borang tersebut.

         Tentunya dengan harapan Akreditasi Unand tingkat Asean dapat tercapai, ujarnya. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unand Persiapkan Fakultas Teknik Mendapat Akreditasi Asean"

Post a Comment