Unhas - Leiden University Sepakati Student Exchange Program


Setelah melebarkan sayap kerja sama ke Asia Timur, arah bidikan kerja sama Unhas dengan institusi ternama dunia merambah negara Eropa. Salah satu negara di Eropa yang memiliki kedekatan dengan Unhas adalah negeri kincir angin Belanda. Sebagai salah satu kiblat pendidikan di Eropa, Belanda memiliki banyak universitas yang terkenal dan riset yang handal, salah satunya adalah Leiden University, universitas tertua di Belanda yang di dirikan pada 1575.
Unhas dan Leiden University menyepakati kerja sama terkait student exchange di bidang kesehatan. Kerja sama ini mencakup pertukaran mahasiswa baik untuk program strata satu (S1), mahasiswa Co-ass, maupun spesialisasi. Nota kesepahaman yang di tandatangani di Jakarta ini, dilakukan oleh Prof Dr. Maria Yazdanbakhsh sebagai wakil dari FK Leiden University. Prof Maria adalah Professor di bidang Parasitology, Leiden University Medical Center, The Netherlands. Sementara itu Unhas diwakili oleh Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. A. Asadul Islam. Turut menyaksikan di antaranya Wakil Rektor IV Prof. Budu, PhD, Wakil Dekan III FK Prof.  Nasrum Massi, PhD serta Staf Pengajar FK St. Wahyuni, PhD.
Selain kerja sama terkait student exchange, Leiden University juga membuka peluang lanjut studi S2, S3 maupun post-doctoral bagi staf pengajar dan mahasiswa Unhas. Hal lain adalah program transfer kredit pada kedua universitas tersebut. Prof Budu dalam kesempatan itu menyampaikan penghargaan Unhas terhadap kepercayaan dari Leiden University untuk bekerjasama dalam kajian ilmu kesehatan. Dengan semakin banyaknya kerja sama yang dicapai Unhas akan memberikan modal kuat bagi sivitas akademika untuk makin menunjukkan reputasinya di dunia internasional.
Rektor Unhas berharap kerja sama dengan Leiden University ini tidak hanya “berhenti” pada bidang kesehatan, mengingat Leiden University dan Leiden City punya keterikatan dengan masyarakat Bugis Makassar. Salah satu yang sangat menarik perhatian adalah manuskrip kuno kitab epos I La Galigo yang berasal dari masyarakat Sulawesi Selatan. Selain itu Leiden University sebagai salah satu universitas tertua di Eropa bisa menjadi patokan Unhas dalam mengembangkan dirinya menuju cita-cita Unhas untuk mendapatkan reputasi dunia. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unhas - Leiden University Sepakati Student Exchange Program"

Post a Comment