1.200 Calon Mahasiswa Minati ITK





Pertama kalinya Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menyelenggarakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) di Balikpapan. Sampai hari ini baru terdapat 600 peserta yang mendaftar dan ikut tes di Balikpapan, padahal target peserta sebanyak 3.000 calon mahasiswa.
Sebelumnya selama dua tahun masa persiapan, proses belajar dan mengajar termasuk seleksi ITK selalu dipusatkan di ITS Surabaya.
Kepala Bagian Akademik dan Perencanaan ITK, Imam Syafii, mengatakan bahwa faktor kampus baru juga menjadi alasan mahasiswa dari Kalimantan Timur dan Balikpapan lebih memilih universitas di Jawa.
“Ini bisa disebabkan pelaksanaan di Balikpapan baru pertama kali. Selain itu, infrastruktur dan penunjang di Jawa yang lebih lengkap,” kata Imam, Kamis (28/5/2015).

Berdasarkan data yang diperoleh, sudah ada 1.200 peserta SBMPTN yang memasukkan ITK sebagai kampus tujuan baik yang mendaftar. Tahun ini ITK membuka kuota 400 orang, terdiri dari 320 orang melalui jalur SBMPTN dan 80 orang dari jalur mandiri.
“Sesuai peraturan, peserta SBMPTN lulusan 2013 hingga 2015. Dengan 10 prodi, dengan kapasitas 400 mahasiswa,” jelasnya.
Ujian SBMPTN akan dilaksanakan pada 2 Juni. Di Balikpapan, lokasinya diselenggarakan di Kompleks Pelajar Gunung Pasir. Sedangkan tes masuk ITK melalui jalur mandiri digelar pada 2 Agustus di lokasi yang sama.
“Jalur mandiri 50 orang dari beasiswa cemerlang dan 20 orang dari Sangatta. Sisanya dari kalangan umum. Jadi, kami optimistis kuota untuk jalur mandiri terpenuhi,” tambahnya.
Sementara mengenai kesiapan, Kampus ITK Balikpapan terus berbenah. Gedung belajar sudah siap, tinggal pembangunan jalan masuk, infrastruktur listrik, dan air yang kini dikebut Pemeritah Kota Balikpapan.
“Jalan masuk sudah beres lahannya. Sudah selesai lelang dan sekarang pengerjaan jalan sekaligus tiang listrik. Jadi, PLN tinggal menarik kabelnya,” tambah Asisten II Sekdakot Balikpapan Sri Sutantinah.
Proses belajar kampus yang berlokasi di Kilometer 13 Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, rencana dimulai pada 31 Agustus. Diprediksi pembangunan jalan dan penyediaan listrik sudah siap pada waktu yang ditentukan.
“Mudah-mudahan sebelum jadwal belajar mengajar dimulai, pemasangan pipa PDAM dan fasilitas lainnya telah rampung,” tutur Sri Sutantinah.
Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "1.200 Calon Mahasiswa Minati ITK"

Post a Comment