7 NEGARA IKUTI TRAINING KEBENCANAAN UNSYIAH



Pusat Riset Mitigasi Tsunami dan Bencana (Tsunami and Disaster Risk Mitigation Center-TDRMC) Unsyiah, menggelar workshop International Training on Disaster Risk management for IORA Member Countries, Southern American and Caribbean Countries. Acara yang berlangsung sejak 25 Mei sampai 4 Juni 2015 di Banda Aceh ini, diikuti oleh tujuh negara yaitu Sri Langka, Uni Comoros, Tanzania, Mozambique, Saint Vincent and The Grenadines dan Indonesia.

Kegiatan yang merupakan hasil kerja sama TDRMC Unsyiah dengan Direktorat Kerja Sama Teknik dan USAID Indonesia ini, dibuka langsung oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu RI. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati 10 tahun tragedi tsunami Aceh dan sebagai bentuk dukungan posisi Indonesia sebagai ketua di forum IORA (Indian Ocean Rim Association).

Selama menjalani pelatihan, peserta mendapatkan pengajaran tentang topik-topik kebencanaan seperti coastal hazards, mitigasi bencana, mekanisme penanganan bencana, community resilience dan pemetaan bencana. Peserta juga melakukan tinjuan lapangan ke Museum Tsunami, PLTD Apung, Pantai Layeundan, Lampuuk untuk melihat secara langsung dampak bencana tsunami 10 tahun lalu.

Peserta juga mengunjungi Ujong Pancu dan Taman Laut Pulo Tuan untuk melihat geliat perkembangan masyarakat pesisir, yang tidak hanya selamat dari bencana tsunami namun juga bangkit mengembangkan potensinya untuk menjadi mandiri.

Duta Besar Nahari Agustini, dalam acara pentupan yang juga turut dihadiri Pembantu Rektor IV Unsyiah Nazamuddin, mengatakan bahwa ia menaruh harapan besar terhadap peserta agar menyebarkan semua pengetahuan yang didapat selama pelatihan. “Segala wawasan yang didapat semoga bisa meningkatkan kewaspadaan kita terhadap bencana,” ujarnya.

Nahari juga menambahkan, bahwa Indonesia sebagai salah satu negara yang mempunyai keunggulan dalam bidang penanganan bencana, akan terus ikut serta menyebarkan pengalaman kepada negara-negara selatan, khususnya negara-negara yang mempunyai tingkat ancaman bencana seperti Indonesia.


Sumber : unsyiah.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 NEGARA IKUTI TRAINING KEBENCANAAN UNSYIAH"

Post a Comment