Dubes AS Resmikan American Corner di Perpustakaan UNAND


Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake meresmikan American Corner atau Pojok Amerika di Gedung Pepustakaan Unand Lantai II Kampus Limau Manis Unand Padang. Pendirian American Corner di Unand merupakan yang kesebelas di Indonesia yang pembangunannya atas kerjasama antara pemerintah AS dengan universitas di Indonesia. Selain Duta Besar pada acara peresmian juga hadir Kepala BKKBN Pusat Prof Dr. Fasli Djalal, Konsulat Jenderal AS di Medan Kathryn Cockhart, beberapa anggota ikatan alumni universitas di Amerika, staff Kedutaan besar ASGubernur Provinsi Sumbar yang diwakili Prof. Dr. Rachmat Syahni, jajaran pimpinan akademik dan struktural Unand serta mahasiswa.

Pada acara pembukaan yang dihelat di lantai VI gedung perpustakaan ini, Rektor Unand Dr. H. Werry Darta Taifur, SE, MA, mengatakan bahwa tujuan pendirian American Corner ini untuk memberikan kemudahan informasi serta memfasilitasi mahasiswa atau dosen dan masyarakat lainnya tentang segala hal yang berhubungan dengan Amerika. Dampak setelah berdirinya American Corner ini nantinya akan menguntungkan bagi Unand dan masyarakat Sumatera Barat.
Setidaknya nanti akan ada pertukaran mahasiswa AS dan Unand, kerjasama dalam bidang riset dan penelitian, pelatihan bahasa Inggris, dan program kebudayaan. Yang terpenting dari semua itu yakni seluruh orang dapat memperoleh informasi secara gratis tentang Amerika Serikat. Mendapat kepercayaan dari pemerintah AS juga merupakan keuntungan bagi Unand, sebab ini dapat bermanfaat untuk pengembangan dan internasionalisasi Unand ke depan, terutama dalam rangka memperjuangkan Unand menjadi salah satu perguruan tinggi berkelas dunia.

Sementara itu Dubes AS Robert Blake menyampaikan apresiasinya atas berdirinya American Corner di Unand ini. Menurutnya ini dapat menjadikan hubungan antara Unand khususnya dan Indonesia umumnya semakin erat. Indonesia saat ini merupakan salah satu negara partner paling erat dengan AS dalam segala bidang.
Lebih lanjut Robert Blake mengatakan bahwa pendirian American Corner ini dimulai pada 2004 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah sebagai salah satu bukti komitmen Amerika Serikat untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Sejauh ini antusiasme mahasiswa atau masyarakat lainnya terhadap American Corner ini begitu besar. Sejak 2004 hingga sekarang telah ada puluhan ribu pengunjung. Dalam American Corner ini berbagai koleksi buku, DVD, dan jurnal dan segala hal yang berhubungan dengan perpustakaan Amerika dapat diakses dengan gratis. Bahkan buku-buku itu dapatdiperbanyak untuk kepentingan referensi. Oleh sebab itu Dubes AS meminta agar American Corner dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan mahasiswa dan masyarakat Sumatera Barat.
Selain itu tiap minggu atau bulannya akan diadakan teleconference antara mahasiswa atau pengunjung dengan masyarakat di Amerika. Berbagai saluran Amerika juga dapat ditonton di American Corner ini. Terhitung saat ini telah ada 500 lebih American Corner di seluruh Dunia. Kesemuanya merupakan langkah dari Pemerintah AS untuk mendukung perkembangan dan kemajuan Pendidikan di Indonesia.
Sedangkan Kepala BKKBN Pusat Prof. Dr. Fasli Djalal, Ketua Alumni Unand, mengatakan bahwa American Corner ini juga merupakan hasil dari kerjasama para ikatan alumni perguruan tinggi AS di Indonesia. Alumni selalu mendukung setiap kegiatan yang antara universitas di Indonesia dengan universitas di AS, baik itu dalam dukungan materi maupun pemikiran. Selain itu terpilihnya Unand untuk pendirian American Corner ini karena telah banyak alumni AS di Unand saat ini yang menjadi pengajar dan pimpinan akademik. Oleh sebab itu menurutnya, ini merupakan kesempatan langka yang sulit dicari di waktu berikutnya.
Source : unand.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dubes AS Resmikan American Corner di Perpustakaan UNAND"

Post a Comment