Fakultas Farmasi USU Raih Akreditasi Internasional



Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) memperoleh akreditasi dari Lembaga Farmasi Malaysia yang berada di bawah Kementerian Kesehatan Malaysia. Hal itu merupakan atas Pengiktirafan Sarjana Sains Farmasi berdasarkan lawatan panel LFM (Lembaga Farmasi Malaysia). Hal itu disampaikan Wakil Rektor I Bidang Pendidikan dan Akademik USU Prof. Zulkarnain Nasution 

Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Eksekutif USU Drs. Lian Dalimunthe, staf ahli Rektor USU Dr. Iskandar Zulkarnain,serta Kabag Humas Bisru Hafi, M.Si. Menurut Prof. Zulkifli, hal ini wajib disyukuri karena dengan demikian saat ini USU sudah memiliki 3 (tiga) Program Studi (Prodi) yang berakreditasi internasional. Sebelumnya Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi USU telah mendapatkan akreditasi internasional. Disebutkan, pengajuan Fakultas Farmasi USU mendapatkan akreditasi internasional diawali dengan pengajuan borang ke Lembaga Farmasi Malaysia yang  berada di bawah Kementerian Kesehatan Malaysia. Setelah itu dilakukan penilaian diantaranya dengan melakukan kunjungan ke Fakultas Farmasi USU. Dan setelah dilakukan penilaian secara mendalam akhirnya Fakultas Farmasi USU bersama seluruh Prodi di dalamnya mendapatkan akreditasi internasional.


Ditambahkan lagi, bahwa pengajuan Fakultas Farmasi USU mendapatkan akreditasi internasional diawali dengan pengajuan borang ke Lembaga Farmasi Malaysia yang  berada di bawah Kementerian Kesehatan Malaysia. Setelah itu dilakukan penilaian di antaranya dengan melakukan kunjungan ke Fakultas Farmasi USU. Dan setelah dilakukan penilaian secara mendalam akhirnya Fakultas Farmasi USU bersama seluruh prodi di dalamnya mendapatkan akreditasi internasional. Pendaftaran Fakultas Farmasi USU nantinya akan melalui sistem online dan hanya akan menerima 40 orang mahasiswa.

Sedikit mengenai Fakultas Farmasi bahwa jurusan farmasi berdiri di lingkungan USU dibuka pada tahun 1969 dibawah naungan fakultas MIPA USU berdasarkan kenyataan bahwa sangat dibutuhkannya tenaga Apoteker di Sumatera Utara. Ketika itu untuk wilayah Sumatera hanya ada satu Jurusan Farmasi yaitu di Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat. Setelah dibukanya Program Studi Sarjana (S1) Farmasi pada tahun 1969 kemudian Jurusan Farmasi membuka beberapa Program Studi sebagai berikut; 1. Tahun 1969 dibuka Program Pendidikan Profesi Apoteker (sejalan dengan Program Studi Sarjana Farmasi) kemudian pada tahun 1969 ditetapkan bahwa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker dipisahkan dari Program Studi Sarjana Farmasi (S1); 2. Tahun 1994 dibuka Program Studi Diploma 3 Analis Farmasi; 3. Tahun 2000 dibuka Program Studi Magister (S2) Ilmu Farmasi. 

Sumber : usu.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakultas Farmasi USU Raih Akreditasi Internasional"

Post a Comment