IPB Sabet Piala Debat Bergengsi Asia

Segudang prestasi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) di kancah dunia kembali ditunjukan. Yang terbaru, IPB menjuarai kompetisi debat parlementer se-Asia 2015.
Adalah tim delegasi IPB yang berhasil meraih juara dua kategori English as Foreign Language (EFL) pada ajang kompetisi debat parlementer berbahasa Inggris paling bergengsi se-Asia, yaitu United Asian Debating Championship (UADC) yang diselenggarakan pada 4-12 Juni 2015.
Para delegasi tersebut adalah Muhamad Haris Zamaludin (Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia), Olivia M Tjiptoputri (Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian), dan Adhi Hardiansyah (Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen).

UADC merupakan kompetisi debat parlementer tiga lawan tiga yang diikuti oleh delegasi dari kampus-kampus ternama yang berasal dari Jepang, Korea Selatan, Bangladesh, Filipina, Singapore, Malaysia, Thailand, dan negara Asia lainnya yang diselenggarakan tiap tahunnya di lokasi yang berpindah-pindah.
Pada tahun sebelumnya UADC diselenggarakan di Nanyang Technology University, Singapore, dan tahun ini diselenggarakan di Universitas Udayana, Bali. Tahun ini tim IPB berhasil masuk ke babak grand final kategori EFL menghadapi Universitas Gadjah Mada (UGM) setelah sebelumnya berhasil mengalahkan KEIO University Japan, Hongkong City University, dan berbagai tim yang datang dari berbagai penjuru Asia lainnya.
Pada kompetisi ini segenap mahasiswa yang datang dari berbagai kampus di Asia ini berlomba untuk memperdebatkan isu-isu politik, kemanusiaan, lingkungan, pembangunan, kebijakan internasional, pertanian, dan isu-isu keamanan dunia.
Delegasi IPB yang terhimpun dalam UKM IPB Debating Community (IDC) mengaku bahwa persiapan yang dilaksanakan untuk menghadapi kompetisi ini sudah dilakukan sejak dua bulan sebelumnya.
Dengan bimbingan dosen Dra Alfa Chasanah, latihan debat dilaksanakan dalam rangka memperkaya delegasi dengan pengetahuan dan berita-berita terbaru dari isu-isu yang akan diperdebatkan. Delegasi IPB berharap ke depan dapat kembali mengharumkan nama bangsa dan nama baik IPB dalam kompetisi debat parlementer World University Debating Championship (WUDC) yang akan diselenggarakan akhir tahun ini di Thessaloniki, Yunani.


sumber : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IPB Sabet Piala Debat Bergengsi Asia"

Posting Komentar