ITB Melaju ke Kontes Robot Internasional

Robot Dagominton dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) ditetapkan sebagai pemenang pada Kontes ABU Indonesia (KRAI) 2015 berlangsung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Mereka akhirnya meraih penghargaan piala bergilir Kontes Robot Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU).
ITB juga berhak maju ke kontes robot ABU tingkat Internasional. Kontes robot ABU tingkat
internasional, yang akan diselenggarakan di Sportorium UMY, pada Agustus 2015.

Dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015 ini, adu kehebatan robot ABU merupakan puncak dari kontes robot yang paling diutamakan. Karena itulah pada tahun ini ITB yang mendapat kesempatan meraih piala bergilir.
Robot Dagominton milik ITB ini berhasil meraih posisi pertama pada laga final KRAI 2015 setelah mengalahkan robot Barelang 5.5 milik Politeknik Negeri Batam, dengan skor 5-1. Ketetapan pemenang dan piala bergilir kontes robot ABU tersebut diumumkan dan diserahkan pada acara penutupan KRI 2015 tingkat nasional di Sportorium UMY, pada Minggu 14 Juni 2015.
Rektor UMY Bambang Cipto mengatakan, Indonesia memiliki aset yang sangat luar biasa, untuk bisa dibanggakan pada masyarakat dunia. Hanya saja, aset tersebut masih terpendam, khususnya dalam diri pemuda dan anak didik bangsa.
“Karena itu, dengan adanya kontes robot Indonesia ini semoga bisa menjadi sarana untuk bisa menumbuhkan aset bangsa yang sangat luar biasa ini. Dan di masa depan dapat dibanggakan pada seluruh masyarakat dunia,” ujarnya sebagaimana dilansir umy.ad.id, hari ini.
Adapun para pemenang pada KRI 2015 ini berdasarkan surat keputusan dewan juri nomor 002/SKBT/KRI/UMY/2015 yang disampaikan oleh Ketua Dewan Juri Ir Wahidin Wahab adalah :
1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI)
Juara pertama diraih robot Dagominton dari ITB; juara kedua robot Barelang 5.5 dari Politeknik Negeri Batam; juara ketiga robot INVICTO dari Universitas Brawijaya; dan juara harapan robot IRTONAS dari Politeknik Negeri Jember.
2. Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) kategori beroda
Juara pertama diraih oleh robot Beater 2.3 dari Universitas Sultan Agung (UNISULA) Semarang; juara kedua robot Effiro dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS); juara ketiga robot Playmaker dari Universitas Kristen Sanata Dharma (UKSD); dan juara harapan robot Mobo Evo dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
3. Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) kategori berkaki
Juara pertama diraih oleh robot Cyber Rimau dari Universitas Sriwijaya; juara kedua robot Makalam 3.1 dari Sekolah Tinggi Ilmu Dinamika Bangsa; juara ketiga robot Yudistira 3 dari Politenik Negeri Bandung; dan juara harapan diraih oleh robot Gareng Punk dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)
Juara pertama diraih oleh robot Eros dari PENS; juara kedua robot Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS); juara ketiga robot Rac-Rg dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW); dan juara harapan diraih oleh robot Al-Farabi dari Universitas Gadjah Mada (UGM).
5. Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI)
Juara pertama diraih oleh robot Erisa dari PENS; juara kedua robot Azka dan Azra Universitas Brawijaya; juara ketiga robot Badaya dari Universitas Telkom; dan juara harapan Robosterra dari UGM.
Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ITB Melaju ke Kontes Robot Internasional"

Post a Comment