Itera Disiapkan Jadi World Class University




Institut Teknologi Sumatera (Itera) sudah mulai menerima mahasiswa angkatan pertama. Tercatat, kampus teknik baru di bawah binaan langsung Institut Teknologi Bandung (ITB) ini sudah memiliki 67 mahasiswa. 


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh menyatakan, jumlah mahasiswa tersebut akan ditambah secara bertahap setiap tahunnya. "Tenaga dosen yang dipersiapkan juga bertahap, sesuai jumlah mahasiswa. Sekarang sudah 19 dosen," kata Nuh, saat rapat koordinator gubernur wilayah Sumatera, di Hotel Novotel, Lampung, Rabu (20/3/2013). 




Nuh mengimbuh, dalam proses perekrutan, para dosen ini juga disekolahkan kembali di berbagai kampus dalam dan luar negeri untuk menyelesaikan pendidikan S-2 atau S-3. Dengan begitu, dalam lima hingga sepuluh tahun, Itera sudah menjadi kampus yang luar biasa. 



Selain menyiapkan kualitas dosen, Kemendikbud juga menyiapkan infrastruktur pendukung. Nuh berharap, Itera nantinya tidak hanya menjadi tulang punggung pendidikan teknologi di Lampung dan Sumatera, tetapi juga di seluruh Indonesia. 



"Kami tidak ingin kampus yang ecek-ecek tapi yang langsung besar, langsung bagus. Kami bercita-cita menjadikan Itera world class university," Nuh menegaskan. 



Itera merupakan salah satu institut baru yang diinisiasi Kemendikbud untuk menjawab kekurangan kampus teknik di Indonesia. Saat ini, baru ada dua institut teknik di Tanah Air yakni ITB dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Selain Itera, Kemendikbud, melalui binaan ITS, juga tengah menyiapkan institut teknik di Balikpapan, Kalimantan Timur.


Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Itera Disiapkan Jadi World Class University"

Post a Comment