Kampus Institut Teknik Kalimantan (ITEKA) Dibuka Agustus 2015



Kampus Institut Teknik Kalimantan (ITK) akan dibuka Agustus. Mulai tahun ajaran baru, semua mahasiswa ITK akan menempuh kuliah di kampus ITK Km 13 Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur.
Sekda Pemkot Balikpapan Sayid MN Fadli mengungkapkan, proses belajar mengajar akan dimulai pada Agustus tahun ini karena proses pembebasan jalan masuk di ITK melalui kilometer 13 sudah selesai. "Seluruh mahasiswa yang berkuliah di Surabaya (ITSY) udah bisa kuliah di sini," ujar Sayid.
Saat ini proses penyelesaian jalan masuk ITK termasuk fasilitas listrik dan air tengah dikerjakan. Begitu juga pos dananya yang masuk dalam pembahasan anggaran perubahan 2015.
Sayid memperkirakan, kawasan sekitar kampus akan lebih berkembang dan tumbuh menjadi kawasan baru. Apalagi nanti ITK akan dibuka melalui jalur seleksi nasional tahun depan.
"Pelajar dari seluruh Indonesia bisa mendaftar. Tetapi untuk Kaltim ada kuota khusus. Jadi tolong bagi ibu bapak yang punya anak bisa memanfaatkan kuota ini," katanya.
Dia memastikan, jika ITK sudah meluluskan sarjana, maka Kawasan Industri Kariangau (KIK) akan berkembang lebih pesat. KIK berada bersebelahan dengan ITK, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta di kilometer 13.
"Kami harap KIK menjadi daerah yang maju karena SDM lokalnya sehingga Balikpapan dapat menjadi tuan di rumahnya sendiri," imbuhnya.
Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh membenarkan jalan masuk akan dibangun tahun ini karena proses pembebasan lahan sudah tuntas. Selama ini, kendalanya masih berkutat pada jalan masuk sementara gedung perkulihan sudah terbangun sejak akhir 2014 lalu.
"Kami perkirakan biaya pembangunan jalan masuk Rp9 miliar. Ini memang tanah orang dan sudah dibebaskan sehingga tidak ada masalah lagi," tutur Abdulloh.
Menurut Abdulloh jika jalan masuk tuntas maka penyelesaian infrastruktur lainya seperti air dan listrik akan diselesaikan pula. Dana pembangunan fasilitas listrik dan air adalah Rp1,7 miliar.
ITK sendiri dibangun menggunakan dana APBN sedangkan lahannya disediakan pemprov dan pemkot Balikpapan. Dari luasan 300 hektar, baru 100 hektar yang dibebaskan.
Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kampus Institut Teknik Kalimantan (ITEKA) Dibuka Agustus 2015"

Post a Comment