Lingkungan Kampus ITS Surabaya

Surabaya
Surabaya adalah kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah ibu kota Jakarta. Surabaya dijadikan kota acuan dalam bidang industri, perdagangan dan pendidikan serta kelautan bagi wilayah Indonesia bagian Timur.

Selain itu terdapat berbagai pusat pertokoan yang sering dijadikan sebagai tempat rekreasi seperti; Tunjungan Plaza, World Trade Centre (WTC), Tunjungan Centre, Surabaya Plaza, Jembatan Merah Plaza, Surabaya Mall dan Galaxy Mall.


Surabaya juga merupakan tempat tujuan wisata yang menarik bagi para wisatawan baik dari Surabaya maupun dari luar Surabaya. Beberapa sarana obyek wisata antara lain Museum Empu Tantular. Masjid Ampel, Kebun Binatang, Tugu Pahlawan, Pantai Kenjeran dan lain sebagainya yang kesemuanya itu dapat dengan mudah dicapai melaui transportasi darat. Selain itu, terdapat obyek wisata kesenian yang berupa Tari Remo dan Ludruk. Tak lengkap kiranya jika berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi makanan khas Surabaya yang beraroma pedas seperti, Semanggi Surabaya, Rujak Cingur, Kupang Lontong dan Lontong Balap.
Dalam bidang pendidikan, Surabaya menjadi tempat acuan dan contoh dari model sekolah sampai dengan kurikulum yang dipakai. Dengan semakin cepatnya laju pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh kemajuan industri membuat dunia pendidikan harus terus menyelaraskan kurikulum yang dimilikinya dengan tuntutan kerja. Oleh karena itu terdapat keharmonisan antara dunia kerja dan dunia pendidikan yang menunjang industri. Dengan kondisi tersebut akhirnya, Surabaya merupakan salah satu tempat alternatif yang terbaik untuk belajar menuntut ilmu dan penerapannya.


Kehidupan Mahasiswa ITS
Sejak dipindahkannya kampus ITS di Keputih Sukolilo, denyut kehidupan mulai terasa di sini.
Dahulu, daerah ini yang masih berupa rawa-rawa dan tambak, kini sudah mulai dijejali dengan bangunan-bangunan rumah.
Apalagi sejak dibangun jalan beraspal yang menghubungkan dengan daerah-daerah sekitar, pembangunan di Keputih menjadi semakin pesat. Sekarang orang sudah tidak perlu repot lagi untuk menuju ITS. Dari segala penjuru Surabaya, ITS bisa dijangkau dengan kendaraan umum.
Sejalan dengan semakin banyaknya pendatang (mahasiswa) dari luar kota yang hendak menuntut ilmu di ITS, pembangunan rumah untuk kost semakin menjamur. Hampir setiap rumah di Keputih mempunyai bagian rumah yang dikostkan.


Bisnis ini sangat menjanjikan di masa depan. Harga sewa kamar kost juga bervariasi sesuai dengan ukuran kamar dan fasilitas yang ditawarkan. Harga sewa kamar kost perbulan berkisar antara Rp 70.000,00 s.d. Rp 150.000,00. Selain itu, ada juga rumah-rumah yang disewakan secara kontrak dengan biaya Rp 1.500.000,00 s.d. Rp 3.000.000,00 per tahun.
Atau bila ingin lebih berhemat, bisa menyewa kamar di Asrama Mahasiswa ITS (AMITS). Kamar yang disediakan adalah untuk 1 orang, 2 orang dan 4 orang. Biaya per bulan masing-masing Rp 72.250,00, Rp 60.500,00, dan Rp 55.000,00. Biaya tersebut sudah termasuk biaya listrik, pemakaian air, makan (3x sehari), cuci pakaian (2 stel tiap hari), dan honorarium petugas asrama. Untuk saat ini daya tampung asrama adalah 250 orang.
Biaya hidup di ITS termasuk relatif murah bila dibandingkan dengan daerah lain di Surabaya. Total biaya hidup untuk sarjana (S-1) diperkirakan Rp 5.700.000,00 per tahun. Untuk D-3 dan politeknik diperkirakan sebesar Rp 5.400.000,00 per tahun. Sedangkan untuk pasca sarjana biayanya diperkirakan Rp 11.000.000,00 per tahun. Biaya-biaya tersebut sudah termasuk SPP, iuran dan sumbangan IKOMA, praktikum, buku, dsb.


Rute ke kampus ITS 



  • Bungurasih - Bis kota - Bratang - Lyn S (Jurusan Kenjeran) - Keputih (ITS)
  • Osowilangun - Bis kota - Jembatan Merah - Lyn O (Jurusan Keputih) - Keputih (ITS)
  • Stasiun Gubeng - Lyn O (Jurusan Keputih) - ITS
  • Stasiun Wonokromo - Lyn P (Jurusan Kenjeran) - Gebang (ITS)
  • Stasiun Pasar Turi – Lyn C (Jurusan Blauran) - Karang Menjangan - Lyn O (Jurusan Keputih) - Keputih (ITS)
  • Bandara - Taxi - Keputih (ITS)
  • Tanjung Perak - Bis kota - Jembatan Merah - Lyn O (Jurusan Keputih) - Keputih (ITS) Biaya bis kota untuk sekali jalan sebesar Rp. 500,00. Sedangkan untuk biaya Lyn sebesar Rp. 700,00.


  • ITS Map



    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Lingkungan Kampus ITS Surabaya"

    Post a Comment