(Maba Unand musti tau) 13 Hal Tentang Universitas Andalas

1. Universitas Negeri Pertama di Luar Pulau Jawa

Ide mendirikan sebuah universitas mulai muncul di benak para tokoh cendekia Padang sebelum abad ke-20. Pada masa kolonial Belanda, pendirian sebuah Universitas di Padang urung dilakukan karena tidak menerima izin. 

Adanya berbagai keterbatasan, pendirian universitas ini juga urung dilakukan pada tahun 1948 masa Soekarno.  Universitas ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Drs. Mohammad Hatta

2. Fakultas Peternakan pertama di Indonesia

Pada tanggal 9 Oktober 1963, Unand membuka Fakultas Peternakan. Fakultas ini merupakan yang pertama didirikan di Indonesia.

3. Nama Andalas

Diusulkan oleh Bung Hatta, nama universitas diambil dengan merujuk kepada nama Pulau Sumatera yang waktu itu juga terkenal dengan Pulau Andalas. Pemberian nama Pulau Andalas disebabkan karena di pulau ini tumbuh pohon andalas (Minangkabau: andaleh; Latin: morus macroura Miq). 

Dan, pohon andalas itu merupakan tanaman endemik (tumbuhan yang hanya ada) di Pulau Sumatera. Oleh karena itu pulalah Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat menetapkannya sebagai “Flora Maskot” Sumatra Barat.

4. Cikal bakal Universitas Negeri Padang (UNP)

Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), didirikan pada tahun 1961. Fakultas ini kemudian berkembang menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Fakultas inilah yang saat ini kita kenal dengan nama Universitas Negeri Padang (UNP).


5. Guru besar terbanyak di Sumatera

Universitas Andalas memiliki 130 guru besar/profesor dan merupakan universitas yang memiliki guru besar terbanyak di Sumatera (Per 24 September 2010). 

6. Bloger pertama Indonesia

Budi Putra (blogger profesional pertama dan blogger terbaik di Indonesia, CEO The Jakarta Post Digital) merupakan salah satu alumnus Unand jurusan sejarah.

alamat blognya bisa diintip di www.budiputra.com

7. Kampus ‘Power Rangers’

Dikarenakan bentuk rektoratnya yang unik menyerupai benteng dengan bentuk atap Minang dari beton, kampus ini dijuluki kampus ‘Power Rangers’.

8.Peringkat 8 di Indonesia versi UI GreenMetric World Class University
Dalam bidang lingkungan kampus, Unand bertengger pada peringkat ke-8 di Indonesia berdasarkan UI GreenMetric World Class University

9. Tempat wisata 

Unand dengan kemegahan bangunan yang artistik, keasrian hutan mini dan bendungan, serta taman buah membuat Universitas ini menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Padang.

10. 100 perguruan tinggi terbaik di ASEAN

Webometrics menobatkan Unand sebagai 100 perguruan tinggi terbaik di ASEAN (peringkat ke-26) atau peringkat ke-8 di Indonesia (terbaik di luar Pulau Jawa) pada Januari 2011.

11. Inkubator bisnis terbaik

Pada tanggal 16 Juni 2014 yang lalu, Universitas Andalas meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi pelaksana inkubator bisnis terbaik di Indonesia.

12. Satu pohon untuk tiap mahasiswa            

Pada tahun 2014 berdasarkan pidato rektor Dr. H. Werry Darta Taifur, SE, MA, bagi mahasiswa baru dianjurkan untuk membawa sebatang bibit pohon untuk ditanam di kampus Unand agar Unand semakin hijau. Hal tersebut cukup menarik karena rektor tidak hanya membangun karakter mahasiswa berjiwa ilmiah, namun juga membangun karakter cinta lingkungan.

13. Usulan nama baru, “Adityawarman”
Prof.Dr.Mr. Muhammad Yamin mengusulkan nama Universitas Adityawarman. Nama itu berasal dari nama Raja Adityawarman yang pernah memerintah di Minangkabau. Ia hidup sezaman dengan Patih Gadjah Mada dari Kerajaan Majapahit dan banyak meninggalkan prasasti (batu basurek) di daerah Tanah Datar.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "(Maba Unand musti tau) 13 Hal Tentang Universitas Andalas"

Post a Comment