Mahasiswa FK Unand Juarai Kompetisi Penelitian Mahasiswa se-Dunia dalam ISCOMS 2015

Kongres tersebut berlangsung pada tanggal 1-5 Juni 2015. Pada hari pertama, berlangsung kegiatan pre-course dimana para peserta melakukan workshop untuk memperdalam pemahaman dalam dunia penelitian, seperti bagaimana cara mengolah data statistik, membuat proposal penelitian, cara mempresentasikan hasil penelitian, dan materi lainnya. Hari kedua berlangsung kegiatan keynote lecture oleh beberapa orang pakar researcher kelas dunia, diantaranya adalah peraih nobel pada tahun 2008 yaitu professor Martin Chalfie PhD.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang diwakili oleh Aa Noval Ubaedillah, berhasil menjuarai kompetisi penelitian mahasiswa tingkat internasional di Belanda. Kompetisi tersebut merupakan rangkaian kegiatan utama dalam kongres mahasiswa bidang kesehatan bernama 22nd ISCOMS (International Student Congress of (bio) Medical Sciences) di University Medical Centre of Groningen, Groningen City, The Netherlands.


Kemudian pada tanggal 2-3 Juni merupakan sesi untuk kompetisi penelitian mahasiswa yang sebagian besar merupakan undergraduate student. Dalam kompetisi ini terdapat tiga sesi, yaitu Plenary session, oral session, dan poster session. Total peserta kompetisi ISCOMS ke-22 ini adalah 360 peserta yang diseleksi dari 800 abstrak yang berasal dari 63 negara di Dunia. Pada hari kedua kompetisi dilaksanakan Award Ceremony untuk menganugerahkan gelar juara pada peserta kompetisi. Abstrak yang dibawakan oleh Aa Noval, dengan judul “Dadih ice cream modulates peritoneal macrophage activity: An experimental study using in-vitro model”berhasil menyabet gelar The Best Abstract Award Basic Science dan memperoleh penghargaan untuk publikasi abstrak dalam jurnal ScienceOpen, One-year subscription to NEJM, dan  €150,- to spend on congresses.
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, DR. dr. Masrul, MSc, SpGK menyampaikan apresiasi tinggi atas pencapaian yang diraih mahasiswanya tersebut, beliau juga menyampaikan agar mempersiapkan kader untuk mengikuti kompetisi ini di tahun-tahun berikutnya agar memperoleh hasil yang semakin baik. Dan juga bisa mengharumkan nama almamater di tingkat Internasional.
Ini merupakan prestasi yang mengharumkan nama Indonesia di mata Dunia, serta menunjukkan kualitas Universitas Andalas sebagai institusi terkemuka. Semoga kedepannya prestasi mahasiswa FK Unand khususnya dan mahasiswa di Indonesia umumnya semakin aktif untuk berkarya, berkresi dan berprestasi di tingkat Internasional.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa FK Unand Juarai Kompetisi Penelitian Mahasiswa se-Dunia dalam ISCOMS 2015"

Post a Comment