Mahasiswa Unibraw Sabet Prestasi Pada Pertamina Youth Eco-Preneur Competition 2015



Pertamina Youth Eco-Preneur Competition merupakan kompetisi Business Plan pada skala nasional yang disponsori oleh PERTAMINA sebagai salah satu Founding Partner International Student Energy Summit (ISES) 2015. Seleksi kompetisi diadakan sejak tanggal 28 Februari 2015 hingga 04 April 2015, proposal Business Plan yang dinyatakan lolos sebanyak 8 perusahaan dari 86 proposal yang mewakili universitas se-Indonesia. Kegiatan presentasi dilaksakan pada hari Selasa dan Rabu (13-14/05/2015) bertempat di Hotel Scarlet, Bandung. Adapun tema yang diangkat pada tahun ini yaitu "Eco-Products for Indonesia's Future". Tema ini diangkat untuk memacu kreativitas mahasiswa pada khususnya, yang memberikan kontribusi nyata bagi kelangsungan lingkungan hidup Indonesia dengan menghasilkan Eco-Product.
Pada kesempatan kali ini tim dari Universitas Brawijaya (UB), yaitu ABS Industry yang beranggotakan, Bildiosta Sappar (CEO ABS Industry), dan Taufiq Aldyansha (CMO ABS Industry) mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis, dan Khasemy Rafsanjany (CHRO ABS Industry) mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi serta bekerjasama dengan mahasiswa Fakultas Teknik UB dan pihak PPPP-TK VEDC dalam pembuatan produk Green Machine Prototype-Generation One (G-MAP 1). G-MAP 1, merupakan produk yang berbasis padaEco-Product yang diperuntukan untuk mengolah limbah plastik khususnya botol plastik menjadi bahan setengah jadi. Alat ini akan mengkonversikan botol plastik menjadi serat tali serbaguna yang memiliki sifat yang kuat dan elastis serta ketebalannya dapat disesuaikan. Produk yang dihasilkan dari proses penggulungan pada G-MAP 1, sangat mudah di aplikasikan untuk dibentuk menjadi sapu ijuk, tikar dan lain sebagainya.

ABS Industry menyabet juara 2 dengan mengalahkan 5 finalis lainnya. Adapun reward yang didapatkan selain hadiah berupa fresh money sebesar Rp. 15.000.000,- di tambah free pass ke konfrensi ISES 2015 di Bali yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 13 juni 2015, mendapatkan fasilitas Capacity Building/Workshop berbasis eco-preneurship serta bisnis yang diajukan mendapatkan bantuan dari program kemitraan PERTAMINA. Menurut Bildiosta Sappar sebagai CEO ABS Industry "prestasi ini sangatlah membanggakan, selain memberikan motivasi kepada mahasiswa lainnya tetapi juga sebagai ajang pembuktian kemampuan diri untuk dapat bersaing pada skala nasional." Capaian ini juga sebagai bentuk implementasi dari program Universitas Brawijaya yaitu Green Campus dan sesuai dengan perencanaan pembangunan Kota Malang sebagai Green City".

Kehadiran mahasiswa UB sebagai perwakilan di konfrensi ISES 2015 merupakan kesempatan emas. Konfrensi ISES 2015, dihadiri oleh 800 delegasi mahasiswa yang mewakili lebih dari 80 negara dan 50 pembicara internasional yang ahli dalam bidang energi dan lingkungan hidup akan menjadi ajang media pengenalan diri kepada masyarakat internasional bahwa mahasiswa Indonesia berhak dan mampu untuk bersaing dan mencapai kejayaannya. Menurut Khasemy Rafsanjany sebagai CHRO ABS Industry, bahwa perlunya pengenalan produk asli Indonesia kepada masyarakat internasional, sebagai bukti kemampuan diri untuk bersaing pada skala global khususnya pada jenis Eco-Product dan implementasi teknologi ramah lingkungan. Taufiq Aldyansha sebagai CMO ABS Industry menambahkan bahwa produk anak bangsa untuk dewasa ini tidak lagi dapat dipandang sebelah mata, dengan penerapan teknologi yang tepat untuk menciptakan solusi bagi permasalahan lingkungan dan strategi segmentasi pasar yang tepat, tidak dapat diragukan lagi bahwa produk G-Map 1 dapat diterima secara luas.
Source :  prasetya.ub.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa Unibraw Sabet Prestasi Pada Pertamina Youth Eco-Preneur Competition 2015"

Post a Comment