Musala Unik Serba Batu Universitas Andalas


Musala yang dibangun di kampus Universitas Andalas, Kota Padang, Sumatera Barat, dibangun menyerupai rumah ibadah pada zaman nabi. Musala ini terbuat dari tumpukan batu yang mirip seperti goa, desain dan arsitekturnya pun dibangun di lokasi perbukitan, seperti di negara timur tengah. Inilah Musala Jabal Rahmah yang dibangun di lokasi perbukitan Fakultas Politenik.
Bangunan musala ini hanya terbuat dari tumpukan-tumpukan batu berukuran besar, mulai dari pondasi hingga atapnya mirip seperti goa besar.
Alunan kumandang azan terdengar dari dalam musala, satu persatu jemaah mesjid yang merupakan mahasiswa dan warga setempat mulai berdatangan untuk menunaikan salat. Suasana sejuk dan sunyi, serta bernuansa zaman para nabi makin membuat beribadah terasa semakin khusyuk. Di dalam musala terdapat sebuah mimbar yang juga terbuat dari batu besar yang ditumpuk.

Hanya saja, pada langit-langit musala dan lantainya dibuat agak sedikit mewah agar para jemaah bisa merasa nyaman dan tidak ada rasa khawatir dan was-was saat beribadah.
Musala ini dibangun oleh sejumlah staf dan dosen kampus Universitas Andalas Padang dengan biaya dari kampus dan sumbangan dari para alumni universitas.
Musala ini dibangun terinspirasi dari zaman para nabi yang terkesan jauh dari kemewahan, kesederhanaan bangunannya diharapkan dapat membuat para jemaahnya rendah hati, dan yang pasti beribadah di musala ini bisa meningkatkan kekhusuan salat.
Tak jarang, karena keunikannya musala ini ramai dibicarakan di berbagai media sosial sehingga banyak yang datang berkunjung ke musala ini hanya untuk memastikan keberadaan dan melihatnya secara langsung.
Musala inipun dapat menampung hingga 150 orang untuk melaksanakan salat di dalamnya. Walau hanya terdapat satu pintu besar dan dua jendela yang juga dari batu, namun tetap terasa sejuk saat berada di dalam musala tersebut.


source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musala Unik Serba Batu Universitas Andalas"

Post a Comment