Penyebab Peserta SBMPTN 2015 Melonjak


Jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 mengalami peningkatan dari tahun lalu. Lonjakan peminat di perguruan tinggi negeri terjadi karena mereka tertarik terhadap kredibilitas dan kualitas jumlah program studi (prodi) dari universitas bersangkutan.
"Dibandingkan tahun lalu, ada peningkatan sekira 50 ribu orang yang menjadi peserta SBMPTN 2015," kata Ketua Umum SBMPTN 2015 Rochmat Wahab di Jakarta, Minggu, 7 Juni.
Dia mengatakan, sejak pendaftaran SBMPTN dibuka pada 74 kampus negeri, tercatat 1.455.656 lulusan SMA/sederajat yang mendaftar untuk KAP dan PIN pada SBMPTN 2015. Dari jumlah itu, 693.185 di antaranya mencetak kartu peserta ujian. Angka ini naik sekira 4,31 persen dari jumlah peserta SBMPTN 2014 yaitu 664.509 siswa.
Rochmat menilai, meningkatnya jumlah peserta SBMPTN ini, dikarenakan peminat tertarik dengan prodi dan kualitas dari universitas yang dipilih.
"Terjadinya peningkatan mungkin kredibiltas prodi lembaga universitas tersebut, mungkin prestasi dan bobotnya yang sudah kelihatan. Saya kira itu yang memengaruhi," katanya.
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menjamin, persiapan penyelenggaraan ujian SBMPTN 2015 telah rampung. Panitia memastikan soal ujian sudah disiapkan, begitu juga konsolidasi dengan pihak percetakan soal ujian dan pihak kepolisian guna mengamankan berkas soal yang akan dibagikan kepada peserta.
"Distribusi soal ujian SBMPTN 2015 dari lokasi percetakan menuju lokasi panlok akan dikawal pihak kepolisian. Petugas akan terus mengawal sampai soal ujian itu selesai dikerjakan peserta," kata Rochmat.
Besok, panitia SBMPTN akan membagikan soal kepada peserta SBMPTN di seluruh Indonesia. Mereka terbagi menjadi tiga kelompok; kelompok ujian sains dan teknologi (saintek); kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum); dan kelompok ujian campuran (saintek dan soshum). 

 Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Peserta SBMPTN 2015 Melonjak"

Post a Comment