Registrasi Ulang Mahasiswa Baru Unand Jalur SNMPTN 2015



Bersamaan dengan pelaksanaan ujian Seleksi Masuk Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2015, sebanyak 2.379 orang calon mahasiswa baru Universitas Andalas yang dinyatakan lulus pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan melakukan registrasi ulang pada Selasa-Rabu, 09-10 Juni 2015 di Auditorium Unand Kampus Limau Manis. Pelaksanaan registrasi ini dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama untuk registrasi secara umum sedangkan hari kedua untuk verifikasi data mahasiswa penerima Bidik Misi.

Kepala Humas SNMPTN 2015 Unand, Syafwardi, SE, M.Pd mengatakan bahwa pelaksanaan pendaftaran ulang selama dua hari ini berjalan lancar. Sampai saat verifikasi data bagi penerima Bidik Misi tidak ada ditemukan kejadian atau permasalahan terkait pelaksanaan pendaftaran ulang.

Syafwardi mengungkapkan bahwa ada perbedaan dalam proses pendaftaran ulang pada tahun ini dengan tahun sebelumnya, yaitu dari proses pemeriksaan kesehatan yang mana sebelumnya dilaksanakan di Unand, namun untuk tahun ini cek kesehatan dapat dilakukan dirumah sakit pemerintah atau pukesmas resmi milik pemerintah. Sehingga mahasiswa baru tidak perlu lagi antri untuk melakukan cek kesehatan di Unand dan proses pendaftaran ulang juga akan lebih menghemat waktu.
Syafwardi juga mengatakan bahwa untuk pembayaran uang kuliah Unand bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri bagi mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN 2015. Dengan pembayaran uang kuliah itu mahasiswa akan mendapatkan kartu mahasiswa yang bisa juga digunakan sebagai ATM.
Tidak hanya itu, Syafwardi juga mengatakan bahwa banyak mahasiswa baru yang tidak masuk sebagai penerima Bidik Misi namun mereka mengeluh karena tidak memiliki uang untuk membayar uang kuliah awal, untuk itu pihak Universitas Andalas akan memberikan toleransi pembayaran uang kuliah kepada mereka yang bisa memenuhi persyaratan untuk dibantu dan pembayaran bisa dilakukan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati antara mahasiswa tersebut dengan panitia penerimaan mahasiswa baru.
Syafwardi juga mengungkapkan bahwa penerima bidik misi yang lulus mendaftar akan dilakukan verifikasi ulang karena untuk menghindari pemalsuan data. Pihak Unand tentunya akan memperioritas Bidik Misi kepada mahasiswa yang benar-benar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
Senada dengan itu, Ketua Bidik Misi Unand, Dr. Ir. Aprisal, MP juga mengatakan bahwa tahun ini jumlah penerima Bidik Misi Unand mungkin diperkirakan akan lebih banyak atau seimbang dengan tahun lalu. Serta untuk penerima Bidik Misi yang sudah dinyatakan lulus akan dilakukan lagi verifikasi data untuk membuktikan kebenaran yang yang telah dikirim. Serta untuk yang belum mendaftar atau diterima untuk penerima Bidik Misi tentunya akan menjadi pertimbangan bagi Unand jika mahasiswa tersebut layak untuk menerima.
Dr. Aprisal juga menegaskan jika terjadi kecurangan dalam pengiriman data maka mahasiswa yang bersangkutan akan diberikan sangsi berat yaitu dicabut haknya sebagai mahasiswa Unand dan beasiswa tersebut akan diberikan kepada mahasiswa lain yang memang pantas untuk mendapatkan.

sumber : unand.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Registrasi Ulang Mahasiswa Baru Unand Jalur SNMPTN 2015"

Post a Comment