Satu Sepeda untuk Satu Maba IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) bertekad untuk mewujudkan kampus yang ramah lingkungan atau green campus. Salah satu caranya, IPB pun berencana akan memberikan sepeda kepada setiap mahasiswa baru (maba).
Direktur Kemahasiswaan IPB, Rinekso Soekmadi mengatakan, target IPB menuju green campus akan terwujud pada 2020. Namun, pihaknya sudah melakukan beberapa perencanaan untuk mewujudkan IPB sebagai kampus hijau.
"Kami sudah menyusun program one student one bicycle (satu mahasiswa satu sepeda). Jadi setiap mahasiswa baru akan memiliki sepeda," ujar Rinekso kepada Okezone, belum lama ini.
Rinekso mengimbuhkan, biaya pembelian sepeda baru ini diinklusifkan pada biaya kuliah masing-masing mahasiswa. Nantinya, sepeda tersebut akan sepenuhnya menjadi milik mahasiswa.
foto : hoteldekatkampus.com
"Setelah lulus, bisa dibawa pulang atau dihibahkan ke kampus," imbuhnya.
Namun, Rinekso menyatakan, rencana satu sepeda satu mahasiswa itu belum bisa direalisasikan tahun ini, mengingat masih banyak kendala yang dihadapi. Dia melihat, perlu kesiapan semua pihak untuk hijrah dari transportasi boros ke arah ramah lingkungan.
Masalah lainnya yakni lahan parkir untuk sepeda. IPB harua menyiapkan lahan parkir khusus sepeda bagi ribuan mahasiswanya.
"Untuk program sarjana saja ada 3.000 mahasiswa baru, jadi untuk masalah parkir perlu diperhatikan," tuturnya.
Meski begitu, untuk saat ini IPB juga sudah menyediakan sepeda untuk dipinjamkan kepada mahasiswa. Ada 997 unit sepeda di lima shelter yang sering digunakan mahasiswa berkeliling kampus.
"Nantinya kampus ini akan bebas kendaraan, akan ada tiga kantong besar untuk parkir, dan untuk feedernya akan menggunakan mobil listrik, sementara mahasiswa bisa pakai sepeda," tukasnya.
Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satu Sepeda untuk Satu Maba IPB"

Post a Comment