Tips Memilih Kampus Swasta

Saat ini ada ribuan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia. Memilih satu dari sekian banyak tentu akan sulit. Tetapi, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan.
Akreditasi
Wakil Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) bidang Keuangan dan Pemasaran, Chairy, menjelaskan, aspek utama yang perlu dicek siswa dalam memilih kampus swasta adalah akreditasi.
"Sebaiknya calon mahasiswa memilih PTS dengan akreditasi A. Minimal B. Di bawah itu saya tidak rekomendasikan," kata Chairy ketika berbincang dengan Okezone belum lama ini.

Dengan melihat akreditasi, kata Chairy, sebenarnya sudah mencakup semua kebutuhan calon mahasiswa. Pasalnya, akreditasi menilai jumlah kecukupan dosen dan perbandingannya dengan mahasiswa.
"Jika jumlah dosen kurang, maka akreditasi tidak akan maksimal. Begitu juga jika fasilitas tidak memadai," imbuhnya.
Fasilitas kampus
Kemudian, untuk lebih yakin, datangilah kampusnya. Chairy menyarankan calon mahasiswa untuk melihat berbagai fasilitas yang ada di kampus tujuan seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan hingga fasilitas umum.
"Kalau lagi ada kuliah, bisa juga lihat perkuliahan yang mereka selenggarakan. Tentu minta didampingi staf kantor admisi," tuturnya.
Lingkungan sekitar
Hal lain yang perlu dilakukan calon mahasiswa adalah melihat lingkungan sekitar kampus tujuan. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian adalah kondisi sosial masyarakat serta keamanan dan kenyamanan di sekitar kampus.
Rekomendasi
Selain mencari berbagai informasi tentang kampus tujuan di internet, Chairy menilai rekomendasi orang sekitar juga cukup membantu calon mahasiswa menentukan pilihan. Dia melihat, saat ini promosi dari mulut ke mulut masih cukup kuat.
"Tanya ke orangtua, kakak, saudara, teman, famili tentang reputasi perguruan tinggi yang ingin dipilih. Itu bisa juga jadi acuan," tuturnya.
Sabar
Nah, faktor ini juga penting. Sebab, kata Chairy, terkadang perburuan kampus idaman ini butuh waktu, apalagi jika kita harus mendatanginya satu per satu sebelum menetapkan pilihan.

"Biasanya anak SMA itu hanya punya beberapa pertimbangan kampus. Kalau itu semua di satu kota, tentu bisa mudah didatangi," ujarnya.


sumber : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Kampus Swasta"

Post a Comment