Tips Siasati Biaya Kuliah Mahal

Saat ini, biaya kuliah kian mahal. Bahkan, beban uang kuliah tunggal (UKT) yang mempertimbangkan kondisi keuangan calon mahasiswa juga masih dirasa berat.
Tetapi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menyiasati mahalnya biaya kuliah.
Minta Keringanan
Meski sudah mendapat ketetapan biaya UKT yang harus dibayarkan, tidak usah segan untuk meminta keringanan lagi dari kampus. Jika argumenmu kuat, bukan tidak mungkin manajemen kampus akan memberimu potongan biaya kuliah lagi.
Beasiswa
Cari informasi tentang beasiswa yang disediakan kampus secara mandiri maupun hasil kerjasama dengan lembaga donor. Kamu bisa juga berburu beasiswa dari donor lain. Informasi tentang beasiswa untuk mahasiswa ini banyak tersedia di internet.
Atur Pengeluaran
Bayar kuliah sudah mahal, tetapi kamu bisa menyiasatinya dengan mengatur pengeluaran sebijak mungkin. Batasi pengeluaran hanya pada hal-hal pokok seperti uang makan, ongkos ke kampus, uang buku, dan biaya mengerjakan tugas. Sesekali refreshing dengan jalan-jalan bersama teman boleh saja, tetapi jangan sampai membebani pengeluaran bulananmu.
Biaya Buku
Kamu bisa juga menyiasati mahalnya biaya kuliah dengan mencari versi murah untuk buku-buku teks yang wajib dimiliki. Rajinlah browsing untuk mencari versi online-nya. Alternatif lainnya, beli buku bekas namun masih layak pakai serta meminjam ke perpustakaan atau kakak kelas. Ada juga mahasiswa yang memfotokopi buku teks.
ilustrasi : ketikketik.com

Biaya Makanan

Coba deh, belajar masak. Dengan memasak makanan sendiri, kamu bisa menekan biaya pengeluaran bulanan setelah membayar banyak untuk uang kuliah.

Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Siasati Biaya Kuliah Mahal"

Post a Comment