Undip Luncurkan Inovasi Alat Deteksi Pencurian BBM

Sejumlah mahasiswa Teknik Elektro Universitas Diponegoro (Undip) membuat alat deteksi otomatis pencurian bahan bakar minyak (BBM). Alat itu bisa menekan kelangkaan BBM yang terjadi di sejumlah daerah karena adanya pencurian BBM yang sering disebut "Kencing Sembarangan".
"Alat ini akan secara otomatis mengirim SMS peringatan disertai koordinat lokasi pencurian pada depo Pertamina bila sistem mendeteksi adanya upaya pencurian BBM pada truk tangki,"
ujar Muhammad Fikko Fadjrimiratno, salah satu mahasiswa yang menciptakan alat itu.
Fikko mengerjakan inovasi tersebut bersama rekan-rekannya Andrey Wicaksono, Rofiq Cahyo Prayogo, dan Hot Asi Yohannes. Mereka dibimbing oleh dosen Teknik Elektro Undip, Sumardi.

Andrey Wicaksono menjelaskan, data dari Ditjen Migas menunjukkan, cadangan minyak Indonesia menipis. Cadangan minyak yang menipis menyebabkan kelangkaan BBM di berbagai daerah. Hal itu diperparah aktivitas penimbunan BBM oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, termasuk mereka yang mencuri BBM Pertamina dari truk tangki ke lokasi penimbunan.
Persoalannya, kata Andrey, hingga saat ini Pertamina masih menggunakan segel konvensional/tradisional yang memiliki banyak celah keamanan. Memang, di beberapa terminal BBM, Pertamina sudah menerapkan sistem GPS pada truk tangki mereka tetapi belum semuanya. Selain itu, pengawasan truk dengan GPS masih dilakukan manual sehingga dengan keterbatasan jumlah karyawan tidak mungkin semua truk dapat diawasi maksimal.
"Kami merancang dan membuat sistem berbasis modul GPRS, GPS, dan mikrokontroler yang memungkinkan pendeteksian secara otomatis. Sistem ini mensyaratkan pihak SPBU memasukan password ketika hendak membuka katup bottom loader, sehingga hanya pihak SPBU yang dapat membuka katup tersebut," papar Andrey.
Sistem ini mendeteksi upaya pencurian BBM dengan menempatkan sensor ultrasonik pada katup bottom loader sehingga upaya untuk melepas segel pada katup dapat dideteksi. Jika katup dibuka tanpa memasukan password atau salah memasukkan password selama tiga kali, maka mikrokontroler akan menginstruksikan modul G​PRS untuk mengirim SMS peringatan disertai koordinat lokasi pencuriannya pada depot Pertamina.
sumber : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Undip Luncurkan Inovasi Alat Deteksi Pencurian BBM"

Posting Komentar