Unhas-Lembaga di Timor Leste Tekan MoU


Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menandatangani sejumlah memorandum of understanding (MoU) dengan sejumlah lembaga di Republik Demokratik Timor Leste dalam lawatan kerja sama tiga hari  rombongan Unhas ke negara tetangga terdekat Indonesia itu.
Kepala Sekretariat Rektorat Unhas Dr.Suharwan Hamzah, M.Sc. menjelaskan, rombongan Unhas yang melawat ke  Republica Democratica De Timor Leste (RTDL), guna memenuhi   undangan dari pihak East Timor Coffee Institute (ECTI) dan alumni yang sebelumnya telah berkunjung ke Unhas pada awal Juli lalu.  Rombongan Unhas  dipimpin oleh Rektor Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, bersama Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Junaedi Muhidong, M.Sc, Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, MSc. Turut   pula Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Sp.Bo (Presiden ASAIHL) dan Drs. A. Ilham Makhmud, MSc. (Sekretaris Eksekutif Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia — MRPTNI).
Kunjungan hari pertama di Timor Leste diawali dengan diskusi tentang peluang kerja sama dengan Kementerian Pendidikan Timor Leste (MDE) di Kantor MDE dihadiri oleh Wakil Menteri Eng. Marcal A. Ximenes, MSc. Diskusi ini menghasilkan beberapa kesepahaman untuk ditindak lanjuti di antaranya penawaran beasiswa Kemendiknas untuk Masyarakat Timor Leste serta menggagas adanya forum dialog Laut Arafura kerja sama Unhas, Universitas Halu Oleo (UHO) dan MDE.
Tim Unhas juga  bertemu dengan pengelola Rumah Sakit Pusat Nasional (RSPN), Dili.  Beberapa tawaran pendidikan dan pelatihan dibicarakan dengan Direktur RSPN Dili, dr. Jose Antonio G. Guterres, M.Med. Obs-Gyn. Diskusi ini juga dihadiri dr. Flavio Brandao, M.Med. An., alumni FK Unhas Angkatan 1995 yang juga Ketua Ikatan Dokter Timor Leste. Kunjungan diakhiri dengan meninjau fasilitas yang dimiliki RSPN Dili.
Hari kedua lawatan, mengunjungi dan menandatangani MoU di Kampus ETCI Ermera. Rektor dalam sambutannya beberapa kali memuji perjuangan dan keikhlasan Rektor ETCI membangun institut ini dari nol. Rektor ETCI, Eng. Lucio Marcal Gomes M.Eng. Agron, yang juga adalah alumni Fakultas Pertanian Unhas berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Unhas yang telah dituangkan dalam MoU tersebut.
Selepas dari kampus ETCI, pertemuan dilanjutkan dengan Menteri Kesehatan Timor Leste (MDS), dr. Sergio G.C. Lobo, SpB. di kantor MDS Dili. Pertemuan ini menghasilkan beberapa kesepahaman terkait pendidikan dan pelatihan bagi dokter, perawat, dan staf MDS dalam mengembangkan pengetahuan di RS Unhas.
Turut andil dalam pertemuan di MDS yakni dr. Horacio Sarmento Da Costa, National Director for Hospital Support and Referral Services MDS yang juga adalah alumni FK Unhas Angkatan 1995.  Acara hari kedua ditutup dengan makan malam dan ramah tamah bersama para alumni Unhas yang tinggal di RDTL.
Hari terakhir di RDTL diisi dengan penandatanganan MoU antara Unhas dengan Menteri Pertanian dan Perikanan (MAP). Eng. Mariano Assanami Sabino mengharapkan Unhas membantu MAP dalam meningkatkan kemampuan stafnya melalui pendidikan formal dan nonformal, serta kegiatan lain yang bersifat taktis dan teknis dalam bidang pertanian, kehutanan, peternakan dan perikanan.
Kunjungan Tim Unhas  ke RDTL diharapkan meningkatkan kontribusi Unhas pada pengembangan ilmu pengetahuan melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta mengasah tanggung jawab sosial Unhas terhadap masyarakat dan bangsa Timor Leste yang dulu pernah menjadi bagian Indonesia.

Source : kabarmakassar.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unhas-Lembaga di Timor Leste Tekan MoU"

Post a Comment