Universitas Andalas Mempersiapkan Diri Raih Akreditasi Internasional


Universitas Andalas bekerjasama dengan Arizona State University(ASU) dibawah program USAID-HELM menyelenggarakan WorkshopLeadership in Engineering Education Accreditation  Program(LEEAP) atau kegiatan Kepemimpinan dalam program Akreditasi Pendidikan Jurusan Teknik pada Rabu, 03-06 Juni 2015 di Ruang Sidang Perpustakaan Lantai 5 Kampus Unand Limau Manis Padang. Workshop LEEAP ini sebagai salah satu upaya persiapan akreditasi regional (AUN-QA) dan internasional (ABET). Pada Rabu, 03 Juni dilaksanakan Kick Off Workshop LEEAP ini yang dihadiri sekitar 25 orang peserta yang terdiri dari pihak USAID-HELM, perwakilan ASU, dan pimpinan Unand.
Wakil Rektor IV Unand, Prof. Dr. Helmi, M.Sc menjelaskan Universitas Andalas saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menembus akreditasi regional dan internasional. Salah satu Fakultas yang telah siap untuk menembus akreditasi nasional adalah Fakultas Teknik. Untuk itu Unand melalui program HELM melaksanakan workshop LEEAP ini. Workshop ini bertujuan untuk memberikan dukungan yang disesuaikan untuk program teknik guna menjadi program kompetitif secara global yang memenuhi standar regional dan atau internasional.
Untuk itu USAID-HELM menunjuk mitra asisten teknis HELM yaituArizona State University (ASU) sebagai mitra dalam membantu Unand dalam meraih akreditasi internasional. Dipilihnya ASU sebagai pendamping karena ASU telah terlebih dahulu meraih Accreditation Board For Engineering and Technologi (ABET). ABET adalah badan penilaian akreditasi bidang teknik yang sudah berskala internasional. Jika sudah mendapatkan sertifikat ABET, maka Fakultas Teknik Unand sudah bisa disamakan dengan fakultas terkemuka di universitas lainnya dibelahan dunia.
Prof. Helmi berharap workshop ini akan membantu Unand dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan dalam menyonsong akreditasi internasional. Setelah Fakultas Teknik akan menyusul fakultas lainnya di Unand untuk menembus akreditasi internasional.
Sementara itu, Manajer Khusus Program Inisiasi USAID, Nonni S.P Handayani menyebutkan terpilihnya Unand sebagai universitas pertama diluar pulau Jawa sebagai piloting pelaksanaan LEEAP karena Unand telah meraih akreditasi A dan telah menjalin kerjasama dengan USAID sejak 2012 yang lalu. Begitu juga untuk Fakultas Teknik, fakultas ini lebih siap dibandingkan dengan fakultas lain di Unand. Nonni menambahkan selain itu USAID melihat adanya komitmen dan keseriusan dari pimpinan Unand menghasilkan lulusan yang lebih baik.
Lebih lanjut Nonni menjelaskan ditunjuknya ASU untuk membantu Fakultas Teknik Unand untuk meraih penilaian akreditasi internasional karena Universitas Arizona telah pengalaman dalam menyiapkan aplikasi akreditasi internasional. Nonni menyebutkan Universitas Arizona tersebut lebih berkonsentrasi pada bidang teknik dan teknologi. Saat ini salah satu universitas ternama di AS dan dunia tersebut memiliki nilai A akreditasi tingkat internasional atau "ABET"dan juga pernah membantu urusan akreditasi internasional beberapa universitas di Thailand, Malaysia dan Tiongkok. Dengan Unand memilih Fakultas Teknik untuk mengikuti program akreditasi internasional, penunjukkan universitas Arizona sudahlah tepat.
Workshop yang akan diselenggarakan selama 4 hari ini akan membahas 10 topik utama yaitu strategi kelembagaan untuk akreditasi, memahami bagaimana mengintegrasikan solusi Open Sourceke dalam rencana perubahan lompatan besar (leap-frog), mengembangkan ekosistem e-learning, mengembangkan mitra industry dan konsorsium penelitian, pengorganisasian untuk tim pengemabangan akreditasi untuk mencapai tujuan umum, mengembangkan tujuan dan hasil pendidikan program, mengembangkan penasehat dan mitra industry dalam strategi akreditasi, penganggaran untuk akreditasi, memimpin perbaikan dan proses berkelanjutan, dan perubahan kurikulum dan peran dekan dan pengajar.
Sumber : unand.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Universitas Andalas Mempersiapkan Diri Raih Akreditasi Internasional"

Post a Comment