UNS Jadi Tempat Wisata Pendidikan




Minat siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berkuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo terus semakin meningkat. Perkembangan ini linier dengan jumlah kunjungan siswa-siswi SMA ke kampus UNS Solo yang semakin hari semakin banyak.

Terakhir ini UNS memang menjadi tujuan wisata pendidikan yang menarik. Kamis pagi (21/05/2015), ada 250 siswa kelas 1 SMA Darul Ulum I Jombang Jawa Timur datang berkunjung. UNS menjadi tujuan utama mereka. Setelah menggali informasi di kampus Kentingan, baru kemudian mereka ke Pasar Klewer dan obyek wisata yang lain.

Program berwisata ke UNS dipilih untuk memberikan orientasi siswa agar sejak dini memiliki banyak pilihan perguruan tinggi. Selama ini lulusan SMA Darul Ulum Jombang banyak terfokus ke perguruan tinngi di Jawa Timur. Namun dua tahun terakhir ini sudah ada yang nyantol diterima di UNS. 

"Melalui kunjungan ini kami ingin lulusan kami lebih banyak diterima di UNS Solo," jelas Miftah Abidin, guru yang mendampingi siswa ke UNS. Sementara ini sedikitnya tercatat 10 alumni Darul Ulum yang berkuliah di UNS. Dengan adanya program kunjungan diyakini menumbuhkan minat siswa melanjutkan studi ke UNS.

Karena siswa menerima berbagai informasi yang ada di UNS. Misalnya adanya fasilitas bagi siswa yang hafal Alquran. Ini tentu akan kami manfaatkan dan mendorong para siswa untuk berkuliah ke Solo," tambah Miftah. Rombongan SMA Darul Ulum diterima Drs Sutrisno, Kabab Sistem Informasi dan Drs Sumadi dari bagian Pendidikan.

Program kunjungan SMA luar Solo di atas diyakini menambah jumlah minat pendaftar ke UNS. Jumlah jumlah pendaftar SNMPTN 2015 secara nasional UNS berada di urutan 8 dari 63 perguruan tinggi negeri (PTN). Wakil Rektor I Prof Drs Sutarno MSc PhD menyebutkan dari 50.673 orang pendaftar terinci 27.603 orang menempatkan UNS sebagai pilihan pertama dan 23.070 orang pilihan kedua. Mereka berasal dari 4.530 sekolah.

Peningkatan jumlah pendaftar tak lepas dari prestasi yang dicapai UNS. Selain itu adanya program sosialasi ke daerah maupun program kunjungan SMA ke UNS.


Source : krjogja.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UNS Jadi Tempat Wisata Pendidikan"

Post a Comment