40 Mahasiswa ITS Bertolak ke Italia


Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya sudah sering kali bertarung di ajang kompetisi antar-universitas di luar negeri. Kabar terkini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS yang terdiri dari 40 orang akan mengikuti kompetisi paduan suara international di Kota Gorizia, Italia.
Setelah pada tahun lalu bertolak ke Spanyol, maka kini giliran negara yang terkenal dengan kemegahan Menara Pisa-nya yakni Italia akan dihinggapi mahasiswa ITS. Akhir pekan lalu, segala bentuk persiapan telah dilakukan menjelang keberangkatan, salah satunya dengan menggelar konser pra-kompetisi di bawah konduktor Budi Susanto Yohanes.

Konser yang bertajuk 54th International Choral Singing Pre-Competition Seghizzi 2015 pada Sabtu 4 Juli malam mampu menyuguhkan performa apik tim PSM ITS yang akan bertolak ke Kota Gorizia, Italia.
Total 14 buah lagu sukses dilantunkan dengan harmonisasi yang sempurna dalam dua sesi. Tak ketinggalan pula, kehadiran tarian khas Indonesia yang selaras dengan nyanyian yang dibawakan mampu memesona penonton yang hadir.
Wakil Ketua Acara Konser Pra-Kompetisi Adimas Raka Dumarsema menuturkan, suguhan tersebut adalah konser awal sebagai ajang persiapan sebelum kompetisi aslinya. Konser ini hanya terbuka bagi internal ITS saja dengan mengundang perwakilan UKM, Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan segenap jajaran yang ada di ITS.
"Kami ingin internal ITS dulu yang pertama melihat dan menilai, baru nanti konser akan terbuka untuk umum," jelas Raka sebagaimana di laman ITS, Senin (6/7/2015).
Lebih lanjut Raka mengatakan, akan ada konser serupa yang terbuka untuk umum dengan sistem penjualan tiket. Konser pra-kompetisi eksternal yang akan digelar Sabtu 11 Juli mendatang. Persiapannya pun akan lebih matang. Misalnya, kostum yang akan dikenakan saat kompetisi di Italia bisa digunakan pada konser yang digelar pekan depan.
"Kita akan buat semegah mungkin layaknya sedang dalam kompetisi sungguhan," tutur mahasiswa Jurusan Statistika ini.
Jika mengacu pada jadwal, PSM ITS akan bertolak ke Italia pada Minggu 19 Juli atau tepatnya dua hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Sehingga, waktu yang kurang dari tiga minggu ini pun dimanfaatkan betul oleh UKM asuhan Dr Bambang Sumardiono untuk persiapan yang lebih matang lagi.
Dikatakan Raka, ini adalah kali pertamanya PSM ITS berkompetisi di Italia. Ia berharap, hingga sampai hari-H nanti semua anggota yang berjumlah 40 orang ini akan siap dan menghasilkan yang terbaik.
Dr Bambang Sumardiono pun menyampaikan apresiasi dan mengharapkan dukungan sivitas akademika ITS terhadap PSM ITS. Menurutnya, suatu kemenangan tidak pernah datang tiba-tiba tanpa adanya perjuangan. Sebaliknya, kemenangan akan datang jika diperjuangkan.
"Apapun hasilnya, saya harap akan selalu ada kelapangan hati untuk menerima," ujar Bambang.



sumber : okezone.com



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "40 Mahasiswa ITS Bertolak ke Italia"

Post a Comment