Ada Jalur Khusus bagi Anak Pejabat Tanpa SBMPTN 2015


Besok Kamis 9 Juli, pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 akan disampaikan. Tapi, disinyalir sudah ada kursi kosong bagi anak pejabat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur khusus tanpa melalui SBMPTN 2015.
“Penyaringan jalur khusus bagi anak pejabat masuk PTN itu kan ada di gelombang II dan III, setelah SBMPTN. PTN yang ikut mendaftarkan kekurangan dana kepada pemerintah itulah yang dimanfaatkan pejabat dan disitulah masuk orang pejabat dengan menitipkan anaknya di PTN lewat jalur khusus,” ujar pengamat pendidikan dari International Studies Centre, Dr Dharmayuwati Pane saat dihubungi Okezone, Rabu (8/7/2015).
Menurutnya, jalur khusus masuk PTN bagi anak pejabat sudah menjadi hal biasa setiap ajaran baru. Adapun anak dari pengusaha memang tidak seperti anak pejabat yang memiliki akses jalur khusus masuk ke PTN meskipun pengusaha memiliki modal kuat.
“Anak pengusaha yang punya uang untuk masuk ke PTN harus melalui prosedur yang resmi di SBMPTN, dan tidak seperti anak pejabat,” katanya.
Ketua Umum SBMPTN 2015 Dr Prof Rochmat Wahab kepada Okezone beberapa waktu lalu mengatakan, saringan masuk PTN harus dilalui calon mahasiswa dengan mengikuti tahapan ujian SBMPTN, ini juga berlaku bagi anak pejabat. Musababnya, hal ini merupakan kebijakan umum panitia SBMPTN berbasis pada aturan dan tidak bisa diganggu gugat.
“Kalau toh ada kasus itu (titipan anak pejabat) urusan dan kebijakan rektor masing-masing. Tetapi kita sangat sayangkan jika hal itu terjadi dan harus diantisipasi segera. Kalau menambahkan satu atau dua mahasiswa di PTN tentu harus dipertimbangkan, dan tidak boleh diganggu gugat jumlah yang sudah ada (lolos ke PTN),” kata Rochmat.




sumber : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Jalur Khusus bagi Anak Pejabat Tanpa SBMPTN 2015"

Posting Komentar