Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unsyiah Rp30 Juta



Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merilis biaya kuliah untuk mahasiswa dari jalur mandiri atau Ujian Masuk Bersama. Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk lulusan jalur itu paling tinggi Rp30 juta per semester.
"Besaran biaya kuliah tersebut diperuntukkan khusus bagi mahasiswa jenjang S-1 dan Diploma III jalur mandiri," kata Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal, Selasa (14/7/2015).
Biaya kuliah tertinggi jalur ini berlaku di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) yang mencapai Rp30 juta per semester. Alasannya karena proses perkuliahan di fakultas ini banyak menjalani praktikum.

"Sehingga membutuhkan alat-alat pendukung selama masa praktik," sebutnya.
Disusul Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK) yang mencapai Rp27,5 juta per semester. Prodi ini mahal juga karena alasan banyak melakukan praktikum saat perkuliahan.
Biaya kuliah paling rendah untuk jenjang S-1 melalui jalur ini adalah di Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yakni Rp4,5 juta per semeter.
Sementara untuk jenjang D-III biaya kuliah paling rendah di Prodi Kedokteran Hewan yaitu Rp1,8 juta per semester. Sementara D-III Teknik Sipil, Tenik Mesin, Teknik Listrik, dan Teknik Kimia mencapai Rp2,5 juta per semester.
Besaran UKT jalur mandiri secara lengkap bisa diunduh di situs resmi Unsyiah pada bagian pengumuman.
Rektor Unsyiah mengatakan, pendaftar di jalur mandiri 2015 hingga kini masih minim.
"Mungkin para calon mahasiswa mempertimbangkan tentang besaran biaya kuliah yang harus dibayar ketika proses perkuliahan," imbuhnya.
Hingga Senin, 13 Juli, tercatat baru 903 orang yang mendaftar. Rinciannya 377 orang memilih jurusan IPA, 285 orang IPS, selebihnya campuran 241 orang. Padahal tahun lalu peminat UMB Unsyiah mencapai 3.783 orang.
Numun, jumlah pendaftar jalur ini diperkirakan akan banyak saat menjelang masa penutupan pendaftaran.
Tahun ini Unsyiah menyediakan kuota 20 persen kursi untuk mahasiswa baru lewat jalur UMB atau sekira 1.300 kursi. Pendaftaran jalur ini masih dibuka melalui laman resmi kampus hingga 31 Juli 2015.



source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unsyiah Rp30 Juta"

Posting Komentar