FEB Unpad Masuk Daftar Institusi Penelitian Terbaik Se-Asia



Menyabet gelar sebagai kampus terbaik memang membanggakan. Hal itulah yang terjadi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjajaran (Unpad) yang berhasil masuk dalam jajaran Institusi Penelitian terbaik se-Asia versi RePEc/IDEAS Ranking.
“Ini menunjukkan bahwa Unpad, terutama dari segi publikasi ilmiah, Ilmu Ekonominya itu cukup terkemuka di Indonesia,” ungkap dosen dan peneliti FEB Unpad, Dr Arief Anshory Yusuf, SE, MSc, seperti dikutip dari laman Unpad, Jumat(3/7/2015).
Selain Unpad, ada lagi perguruan tinggi di Indonesia yang juga masuk dalam daftar tersebut, yaitu UI. Unpad sendiri menduduki peringkat ke-77 di Asia. Sedangkan UI, menempati posisi ke-90.

Arief menyatakan bahwa prestasi ini bukan saja menunjukkan bahwa FEB Unpad telah berhasil menciptakan banyak karya penelitian. Namun juga menunjukkan bahwa FEB Unpad ini berkualitas.
“Publikasinya dilihat, berapa banyak dan berapa impact-nya. Impact itu berapa banyak dikutip sama orang. Jadi sitasi,” ujarnya.
RePEc sendiri adalah sebuah database dalam penelitian di Bidang Ilmu Ekonomi yang mencakup sebuah artikel penelitian, peneliti atau penulis, serta institusi. Di Indonesia, tercatat terdapat 104 intitusi yang mendaftar di RePEc.
Arief menambahkan agar ke depannya Unpad bisa lebih baik lagi. Serta fakultas yang lain juga bisa memiliki sistem yang sama.
“Saya mengharapkan kita bisa lebih baik lagi. Caranya, publikasi saja sebanyak-banyaknya. Dan juga saya harapkan juga, fakultas-fakultas lain itu mempunyai sistem yang mirip. Karena kita bisa seperti ini salah satunya karena kita punya working papers dari yang sudah lama, yang terintegerasi sejak tahun 2000-an," tambahnya. 

sumber : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FEB Unpad Masuk Daftar Institusi Penelitian Terbaik Se-Asia"

Post a Comment