Hal-Hal yang Dialami saat KKN


Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi salah satu syarat bagi beberapa fakultas untuk meluluskan para mahasiswanya. Biasanya, saat KKN kamu akan melakukan pengabdian dengan menerapkan ilmu-ilmu yang kamu dapatkan di kampus dengan terjun langsung ke masyarakat.
Beberapa mahasiswa bahkan harus pergi ke tempat yang jauh untuk menjalani KKN. Kondisi demikian bisa membuat kamu merasakan hal-hal yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu alami.

1. Homesick
Para mahasiswa rantau mungkin sudah biasa jauh dari keluarga sehingga tidak mengalami masalah homesick saat KKN. Tapi, bagi mahasiswa yang biasa dekat dengan orangtua, KKN bisa membuat merekahomesick. Homesick biasanya dialami pada minggu-minggu pertama. Pasalnya, pada minggu tersebut kamu belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.
Untuk mengatasi homesick, kamu bisa menghubungi orangtua lewat telepon atau SMS. Jika kamu ada di pelosok desa, coba sesuaikanprovider telefon genggammu dengan sinyal yang paling kuat di wilayah tersebut.
2. Mandiri
Saat KKN, kamu dituntut untuk bisa mengerjakan segala hal sendiri. Berbeda dengan di rumah ataupun di kosan, tempat KKN biasanya penuh dengan keterbatasan. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kamu bekerjasama dengan kelompok KKN-mu untuk selalu kompak dan berbagi tugas.
3. Peduli
Kondisi tempat KKN yang serba terbatas bisa membuatmu lebih peduli terhadap keadaan masyarakat di wilayah tersebut. Ketika KKN, kamu akan belajar banyak hal. Sebab, kamu akan melihat sendiri masalah-masalah yang terjadi dan dialami langsung oleh masyarakat, seperti masalah kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan. Dengan terjun langsung menghadapi masalah sosial, maka tak heran usai KKN kamu bisa memiliki rasa kepedulian yang lebih tinggi.
4. Cinlok
Cinta lokasi (cinlok) bisa tumbuh kala kamu menjalani KKN. Lamanya waktu KKN bisa membuat kamu dekat dengan teman sekelompok. Tak hanya itu, jika di suatu lokasi KKN terdapat juga mahasiswa KKN dari kampus lain, maka hal tersebut juga bisa mendatangkan cinlok. Bahkan, ada juga mahasiswa yang mengalami conlok dengan pemuda atau gadis yang merupakan warga setempat.
(rfa)








Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-Hal yang Dialami saat KKN"

Post a Comment