Informasi Wajib Tahu Tentang Dunia Perkuliahan


Sebagian besar lulusan SMA/sederaja bersiap melihat hasil SBMPTN 2015. Sementara mereka yang sudah diterima di kampus idaman, kini sedang sangat menantikan momen kuliah.
Tetapi, sebelum larut dalam euforia menjadi mahasiswa baru, pastikan kamu mengetahui berbagai hal seputar dunia perkuliahan berikut ini.
1. Nilai semasa SMA
Kepintaranmu saat sekolah mungkin akan membantumu mendapat beasiswa kuliah. Tetapi, tidak akan ada yang peduli dengan nilai-nilaimu selama di sekolah.

2. Kuliah
Kita mungkin bisa masuk sekolah pukul 07.00 pagi. Tetapi, enggak semua mahasiswa sukses mengambil kelas kuliah pagi. Pastikan jadwal kuliahmu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Websitekampus akan membantumu menentukan jadwal kuliah.
Dosen juga berperan penting dalam perkuliahanmu. Karena itu, jalinlah komunikasi yang baik dengan mereka.
Jika tertinggal dalam sejumlah mata kuliah, jangan biarkan dirimu terpuruk. Bangkitlah dan perbaiki nilaimu!
3. Awal baru
Kuliah bisa menjadi awal baru dalam hidupmu. Siapa dirimu semasa SMA tidak perlu menentukan siapa dirimu ketika berada di kampus nanti.
Dalam hal pertemanan, kamu perlu tetap menjaga hubungan baik dengan teman semasa SMA. Tetapi, jangan berfikir bahwa kamu tidak akan mendapat teman baru selama berkuliah. Sebaliknya, bisa jadi teman baru saat kuliah justru akan menjadi sahabat seumur hidupmu.
Di saat yang sama, kamu mungkin akan mulai menjauh dari teman-teman SMA. Hal ini wajar karena pada masa kuliah kita mulai menentukan arah hidup kita. Jadi, tidak perlu khawatir untuk memulai petualangan seru bersama teman-teman barumu.
4. Gabung ke UKM
Jangan hanya kuliah pulang-kuliah pulang alias jadi mahasiswa kupu-kupu. Sibukkan dirimu dengan berbagai kegiatan organisasi kampus, misalnya bergabung dengan unit kegiatan mahasiswa (UKM).
Selain menyenangkan, kamu bisa menjalin pertemanan sebanyak-banyaknya.
5. Bijak dalam keuangan
Bisa jadi kamu akan mulai memiliki rekening pribadi dan kartu kredit sendiri. Tetapi, berhati-hatilah dalam mengeluarkan uang.
6. Waktu luang
Pulanglah ke rumah saat liburan untuk bertemu keluarga. Momen liburan ini juga bisa kamu manfaatkan untuk bertukar cerita dengan teman lama di kampung halaman.
Jika ada waktu luang, pergilah keluar walaupun kamu tidak suka berpergian. Dunia ini luas, jadi cobalah gali banyak hal.
7. Orangtua
Jalin kedekatan dengan orangtuamu karena mereka yang melahirkanmu, menyayangi dan selalu merindukamu. Selain itu, hubunganmu dengan orangtua akan lebih membaik ketika kamu memutuskan tinggal jauh dari mereka untuk kuliah. Akan ada banyak cerita menarik untuk dibagi.
8. Masa terbaik dalam hidup
Banyak yang bilang, tiga tahun di SMA adalah masa terbaik dalam hidup. Tetapi, anggapan itu mungkin berubah setelah kamu menjalani warna-warni dunia kampus.

Terakhir, kuliah adalah untuk mengetahui siapa dirimu. Jadi tidak masalah bila kamu kerap membuat kesalahan.



sumber : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Wajib Tahu Tentang Dunia Perkuliahan"

Post a Comment