Kiat Nulis Skripsi sambil Mudik


Mahasiswa tingkat akhir harus sudah siap dengan topik untuk skripsi. Ternyata, kamu juga bisa memanfaatkan momen Lebaran ini untuk meraih pencerahan dalam menentukan topik tersebut.
Mau tahu gimana caranya? Simak beberapa kiat berikut ini.
1. Manfaatkan momen Lebaran untuk cari inspirasi
Meskipun sederhana, momen berkumpul dengan keluarga besar bisa membuat mood seseorang lebih baik. Nah, manfaatkan momen tersebut untuk mengurangi rasa stres. Dengan pikiran yang fresh, kamu akan semakin mudah untuk berpikir jernih dan mendapatkan inspirasi.

2. Berbagi cerita dengan saudara
Saat Lebaran, kamu pasti akan bertemu dengan berbagai sanak saudara. Enggak ada salahnya kamu bertukar cerita seputar skripsi bersama saudara yang seumuran atau bahkan sudah punya pengalaman menyelesaikan skripsi. Hal itu bisa menjadi masukan untukmu. Terlebih, sebagai saudara pasti mereka akan memberikan saran yang baik untuk skripsimu nantinya.
3. Jalan-jalan
Manfaatkan momen libur Lebaran untuk jalan-jalan di sekitar kampung halaman. Ingat, ide bisa muncul di mana saja. Bisa saja saat kamu lewat di suatu tempat atau melihat suatu kejadian, kamu justru menemukan topik menarik untuk dijadikan sebagai bahan skripsi.
4. Penelitian di kampung halaman
Enggak ada salahnya kalau kamu kamu memilih kota kelahiranmu atau kampung halaman untuk dijadikan sebagai tempat penelitian. Sebab, siapa tahu belum pernah ada yang mengeksplorasi potensi yang ada di sana. Selain itu, dari segi pengeluaran, kamu juga bisa lebih hemat karena tinggal di rumah orangtua sendiri selama penelitian. Manfaat lainnya, kamu sudah cukup hafal dengan karakteristik orang di daerahmu, sehingga bisa lebih mudah untuk mengambil data-data yang dibutuhkan.
5. Minta doa
Jadikan momen Lebaran untuk meminta doa kepada seluruh keluarga supaya kamu dimudahkan dalam penyelesaian skripsi. Hal tersebut dapat menjadi dukungan tersendiri bagi dirimu untuk tetap semangat dalam menyelesaikan skripsi dan segera lulus kuliah. (afr)


Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat Nulis Skripsi sambil Mudik"

Post a Comment