Perhatikan Hal Ini Sebelum Isi KRS



Usai libur panjang, saatnya kamu kembali lagi ke kampus. Semester baru pun siap menyambut. Nah, biasanya sebelum memasuki semester baru, kamu akan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) terlebih dahulu.
Sebelum mengisi KRS, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pasalnya mata kuliah yang kamu ambil akan mempengaruhi nasibmu selama satu semester ke depan. Untuk itulah, simak ulasan tips mengisi KRS yang pas dan ideal berikut ini.
1. Perhatikan nilai indeks prestasi (IP)

IP akan menentukan jatah kredit (SKS) yang bisa kamu ambil selama satu semester ke depan. Semakin IP-mu tinggi, kamu akan memiliki jatah lebih banyak untuk mengambil SKS lebih banyak. Nah, bagi kamu yang memiliki IP kurang, jangan berkecil hati. Trik yang bisa kamu lakukan yaitu mengambil mata kuliah yang penting terlebih dahulu. Selain itu, kamu harus prioritaskan mata kuliah yang hanya dibuka pada semester tertentu, baik ganjil maupun genap.
2. Konsultasi dengan dosen pembimbing atau pembimbing akademis
Pembimbing akademis berhak tahu mata kuliah apa saja yang kamu ambil. Jadi, sebaiknya sebelum isi KRS sempatkan dulu untuk bertemu pembimbing akademisuntuk berkonsultasi. Apalagi, jika kamu mempunyai IP yang tidak begitu tinggi, maka konsultasi menjadi hal yang penting agar kamu tidak salah untuk memprioritaskan mata kuliah yang harus diambil terlebih dahulu.
3. Cari kelas yang pas
Maksud pas di sini adalah kamu cocok dengan jadwal kulah dan dosen di mata kuliah tersebut. Contohnya, jika kamu susah bangun pagi, sebaiknya hindari kelas yang terlalu pagi. Kemudian, pilihlah kelas yang dosennya sesuai dengan kemampuanmu. Sebab, setiap dosen punya gaya masing-masing dalam mengajar. Selain itu, ada juga dosen yang membuat mahasiswanya sulit mendapat nilai bagus.
4. Prioritaskan jika ada mata kuliah yang mengulang
Jika ada mata kuliah yang belum tuntas dan harus kamu ulang, maka utamakan untuk mengulang mata kuliah tersebut terlebih dahulu. Terlebih jika mata kuliah tersebut menjadi syarat untuk mengambil mata kuliah berikutnya.
5. Komitmen
Usai mengisi KRS, saatnya kamu bulatkan tekad untuk berkomitmen. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan mata kuliah yang telah kamu ambil. Berusahalah untuk memberikan yang terbaik, ikuti pelajarannya dengan baik, dan kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan di akhir semester nanti. (afr)


Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatikan Hal Ini Sebelum Isi KRS"

Post a Comment